Dark/Light Mode

Gercin: Semoga Kunjungan Presiden Jokowi ke Papua Aman

Minggu, 27 Oktober 2019 14:36 WIB
Hendrik Yance Udam (Foto: Istimewa)
Hendrik Yance Udam (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi akan malakukan kunjungan kerja ke Papua dan Papua Barat. Jokowi ingin melihat lebih dekat situasi Papua pasca-kerusuhan serta mendata proses–proses pembangunan yang telah berjalan. Ketua Umum Gerakan Cinta Indonesia (Gercin), Hendrik Yance Udam (HYU), berharap, kunjungan itu berlangsung aman dan kondusif. 

"Kami meminta kepada semua kelompok masyarakat yang ada di Papua dan Papua Barat untuk bisa bersama-sama menjaga situasi keamanan yang lebih kondusif saat kunjungan kerja Presiden dan rombongan," ujar Hendrik, di Jakarta, Minggu, (27/10).

Baca juga : Jadi Menteri, Nadiem Dapat Dukungan Praktisi Pendidikan

Ia juga berharap, aparat keamanan yang ada di Papua dan Papua Barat bisa meningkatkan penjagaan saat kunjungan Presiden. Sebab, sebelumnya dua orang anggota rombongan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XVIII Papua telah diserang orang tak dikenal. Selain itu, tiga tukang ojek juga menjadi korban pembunuhan di Kampung Pugisiga Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Mereka dibunuh dengan cara ditembaki Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Jumat (25/10) sekitar pukul 10.55 WIT.

"Diharapkan menjadi perhatian yang sangat serius untuk aparat keamanan yang ada di Papua dan Papua Barat bahwa situasi Kamtibmas di Papua belumlah kondusif seperti yang di harapkan," sebutnya.

Baca juga : Pertamina Fokus Penanganan Pipa di Tol Padalarang

Pria asli Papua ini berharap, pihak keamanan belajar dari pengalaman pahit kejadian terkait mantan Menko Polhukan, Wiranto “Ada baiknya kita belajar dari pengalam pahit mantan Menko Polhukam, Dr Jendral TNI (Purn) Wiranto, yang ditikam saat kunjugan kerjanya di Banten. Untuk itu kami meminta dengan sangat kepada aparat keamanan yang ada di Papua dan Papua Barat untuk lebih menjaga keselamatan Presiden dan rombongan yang sedang melakukan kunjungan kerja" imbau Hendrik.

Kepada masyarakat dan tokoh-tokoh di Papua, HYU menghimbau agar menggunakan kesempatan kunjungan Presiden dan rombongan di Papua untuk berdialog dalam menyelesaikan persoalan-persoalan Papua yang lebih bermartabat dalam bingkai NKRI. Ia juga meminta masyarakat Papua mendukung Presiden Jokowi untuk membangun tanah Papua yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga : KPPG Siapkan Kader Perempuan Potensial di Kabinet Jokowi Jilid Dua

"Kami juga memberikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, karena telah mengangkat salah satu putra terbaik Papua dari wilayah pengunung tegah, politisi PDI Perjuangan, Bapak Wempi Wetipo, yang dilantik sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," tuturnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.