Dark/Light Mode

Sejumlah Jalan Di Ibu Kota Langganan Banjir

Kapasitas Drainase DKI Kudu Ditambah

Jumat, 19 November 2021 07:10 WIB
Warga melintasi banjir di Pela Mampang, Jakarta. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Warga melintasi banjir di Pela Mampang, Jakarta. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

 Sebelumnya 
“Tentu drainase ini terus kami perbaiki. Setiap tahun kami anggarkan pembebasan lahan untuk kepentingan pencegahan banjir,” kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, kemarin.

Riza tidak membeberkan rencana perbaikan kapasitas drainase yang ada di Jakarta. Saat ini, kapasitas daya tampung air di drainase yang berada di jalan utama atau jalan raya di Jakarta mencapai 100 milimeter per hari.

Baca juga : Pulang Dari UEA, Bahlil Langsung Makan Bakso Pake Cabe Buah

Sedangkan kapasitas di setiap jalan di kawasan perkampungan di Ibu Kota mencapai sekitar 50 milimeter per hari. Apabila jumlah debit air hujan per hari di bawah kapasitas tersebut, drainase tersebut masih bisa menampung air hujan.

Berdasarkan pengalaman pada 2019, air hujan mencapai 377 milimeter dan saat Februari 2021 curah hujan sempat mencapai 250 milimeter per hari sehingga banjir tidak bisa dielakkan.

Baca juga : Khofifah Pantau Langsung Evakuasi Dan Penanganan Banjir Bandang Di Kota Batu

Perba

ikan kapasitas drainase adalah upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi tingginya kapasitas air hujan di dalam kota.

Baca juga : Digitalisasi Layanan Kesehatan Berbasis Data Kudu Cepat dan Akurat

Sedangkan, upaya lainnya di antaranya optimalisasi waduk, situ dan embung, perbaikan selokan, membuat sumur resapan melalui program gerebek lumpur yakni mengeruk endapan lumpur di kali dan waduk.

“Ada 13 sungai, 31 waduk lebih yang kita keruk setiap tahun. Alat kami tidak kurang dari 257 eskavator itu setiap hari bekerja musim hujan atau tidak, bahkan bekerja dua shift,” ucapnya. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.