Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan IP Lokal, RKC Luncurkan Mainan Sri Asih & Gundala

Kamis, 17 November 2022 19:50 WIB
Foto: Dok. Royal Keeasi Cemerlang
Foto: Dok. Royal Keeasi Cemerlang

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Royal Kreasi Cermerlang (RKC) turut mendukung pengembangan intellectual property (IP) lokal agar lebih dikenal dan diterima, baik oleh pasar domestik maupun mancanegara, dengan meluncurkan mainan (figure) Sri Asih dan Gundala.

Direktur RKC Andrias Santoso mengatakan, kedua mainan tersebut di produksi untuk memenuhi pangsa pasar penggemar mainan superhero Indonesia yang saat ini permintaannya masih cukup tinggi.

"Peluncuran mainan superhero lokal tersebut merupakan bagian dari upaya pelaku usaha kreatif dalam negeri, sekaligus untuk memberikan pengalaman baru kepada para penggemar untuk memiliki figure sosok superhero lokal yang kini tengah digandrungi," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (17/11).

Andrias menuturkan, industri kreatif tanah air kembali menggeliat setelah dihantam pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir. Hal ini ditandai dengan meningkatnya berbagai event hiburan, tumbuhnya angka penonton bioskop, serta peluncuran produk oleh para pelaku usaha industri kreatif, salah satunya dilakukan produsen mainan lokal Indonesia.

Baca juga : Komitmen Ganjar Pranowo Kembangkan EBT Telah Dirasakan Manfaatnya Oleh Warga

Ia menjelaskan, mainan Sri Asih dan Gundala ini memiliki tampilan friendly sehingga cocok untuk semua kalangan. Kehadirannya dengan berbagai pose membuat produk ini tepat dijadikan koleksi atau pajangan di meja kerja dan meja belajar.

"Dengan mengusung merk Zigo, kami memproduksi dua bentuk pose untuk Sri Asih dan satu bentuk pose untuk Gundala. Ketiganya dapat diperoleh melalui online store, serta jaringan minimarket Indomaret,” jelas Andrias.

Untuk memperkenalkan produk tersebut, pihaknya akan melakukan serangkaian promosi melalui roadshow ke beberapa kota, seperti memberikan giveaway serta menggelar berbagai aktivitas promosi lainnya.

Ia memastikan, figure Sri Asih dan Gundala memiliki kualitas dan standar keamanan yang baik. Pasalnya, perusahaan mengedepankan empat aspek utama dalam setiap produk yang diluncurkannya, yaitu ramah lingkungan, aman digunakan, aman bagi anak dan balita, serta tersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia).

Baca juga : Ganjar Panen Dukungan Ribuan Santri Di Sukabumi

Sebagai gambaran, tokoh Sri Asih dibuat oleh komikus legendaris Indonesia R.A. Kosasih pada tahun 1950 dan disebut sebagai sosok superhero pertama Indonesia. Sedangkan, Gundala merupakan tokoh superhero yang muncul pertama kali dalam komik besutan Hasmi pada tahun 1969.

Menurutnya, pengembangan mainan tersebut tidak terlepas dari komitmen RKC mendukung kemajuan produk mainan dalam negeri. Apalagi, pengerjaan produk seluruhnya dilakukan tenaga kerja lokal, baik pekerja pabrik, designer dan manajemennya. Serta, menggunakan bahan dan material yang seratus persen berasal dari dalam negeri.

"Jadi dapat dikatakan, selain mengunakan IP lokal, produk ini memiliki tingkat kandungan dalam negeri seratus persen,” ujar Andrias

Andrias menambahkan, selama 30 tahun berkiprah di industri mainan, RKC telah berpartner dengan banyak mitra baik skala nasional maupun internasional. Bahkan, dalam kurun waktu tersebut perusahaan telah mengeluarkan lebih dari 170 item mainan dan terus menjaga konsistensi sebagai produsen mainan asli dalam negeri berkualitas internasional.

Baca juga : Relawan Anies Bakal Luncurkan Saksi Demokrasi

"Ke depannya, kami akan terus mengembangkan produk mainan baru berbasis IP dan sumber daya lokal. Kita punya banyak potensi yang tidak kalah dengan luar negeri,” pungkas Andrias. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.