Dark/Light Mode

Aktris Senior Nani Wijaya Meninggal Dunia, Keluarga: Infeksi Paru-paru, 10 Hari Dipasang Ventilator

Kamis, 16 Maret 2023 16:30 WIB
Nani Wijaya. (Foto: Instagram)
Nani Wijaya. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aktris senior Nani Wijaya menghembuskan napas terakhir di usia 79 tahun pada Kamis (16/3) dini hari, di RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Innalillahiwinailaihirojiun, telah berpulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya. Di Rs Fatmawati 16 Maret 2023 pada pukul 3.28. Mohon dimaafkan segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja," tulis anak perempuan Nani Wijaya, Cahya Kamila melalui unggahannya di Instagram, Kamis (15/3).

Cahya pun mengunggah foto sang ibunda menggunakan baju dan hijab berwarna putih. Dalam potret tersebut, Nani Wijaya tampak tersenyum. Jenazah dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karang Tengah, Sentul, Bogor, Jawa Barat, setelah dishalatkan di Masjid AL Munawaroh.

Dua putri mendiang Nani Wijaya, Nina Kartika dan Cahya Kamila, tak kuasa menahan air mata saat melihat jenazah sang bunda di masukan ke liang lahat.

Baca juga : Jangan Sembarangan Minum Sirop Parasetamol

Bahkan, Nina sempat terlihat menciumi kaki sang ibu yang terbungkus kain kafan sebelum dikebumikan.

Cahya Kamila mengungkapkan, Nani Wijaya sempat dirawat di RSUP Fatmawati pada Februari 2023 karena infeksi paru-paru. Nani masuk ruang Instalasi Gawat Darurat, tapi tak kunjung membaik.

"Akhirnya ke ruangan ICU. Terus karena sebelumnya Ibu kan demensia, jadi organ tubuhnya juga sudah enggak terlalu responsif," kata Cahya Kamila di TPU Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/3).

Nani  sempat dipasangi ventilator selama 10 hari karena kesulitan bernapas. Kondisinya terus menurun hingga satu hari sebelum meninggal.

Baca juga : Kesehatan Ratu Elizabeth Menurun, Keluarga Kerajaan Berkumpul Di Istana Balmoral

Sementara keponakan Nani Wijaya, Nazarudin Lubis, mengatakan tantenya sempat kekurangan darah sehingga beberapa kali harus transfusi darah.

Keluarga sudah menyiapkan donor darah untuk Nani Wijaya. Namun, darah tersebut belum sempat didonorkan sebab Nani Wijaya meninggal dunia.

"Tetapi Allah berkata lain kepada ibunda kami," ucap Nazarudin.

Nazarudin mengatakan, sebelum Nani meninggal, sanak saudara sudah berkumpul karena mendengar mendiang terserang stroke.

Baca juga : Wapres: Kita Kehilangan Orang Baik

"Kami pada saat itu detik-detik terakhir tersenyum, dan dia melambaikan tangan ya sudah  kita semuanya, anak menantu, cucuk, ikhlas menerimanya," tuturnya.

Nani Wijaya sebelumnya dikenal sebagai salah satu dari anggota Golden Girls yakni Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hassim. Nani lahir pada tanggal 10 November 1944 di Cirebon, Jawa Barat.

Nani Wijaya pertama kali debut di dunia akting pada tahun 1958. Ketika duduk di bangku SMP, dia diterima menjadi pemain pembantu di “Darah Tinggi” (1960). Setahun kemudian, dia diketahui mendapat peran utama dalam “Di Balik Dinding Sekolah”.

Kemudian pada tahun 2002, nama Nani Wijaya semakin melejit saat membintangi sinetron komedi (sitkom) "Bajaj Bajuri". Dalam sitkom tersebut, Nani Wijaya berperan sebagai Emak Oneng. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.