Dark/Light Mode

Bintang Shakespeare In Love, Tom Wilkinson Meninggal Dalam Usia 75 Tahun

Minggu, 31 Desember 2023 11:30 WIB
Aktor Inggris Tom Wilkinson (Foto: IG/ABC News)
Aktor Inggris Tom Wilkinson (Foto: IG/ABC News)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aktor Inggris Tom Wilkinson, yang membintangi The Full Monty, Shakespeare In Love, dan The Best Exotic Marigold Hotel meninggal dunia dalam usia 75 tahun, Sabtu (30/12/2023).

Mengutip pernyataan agen yang mengatasnamakan pihak keluarga, BBC menyebut Wilkinson meninggal mendadak di rumah. Saat bersama istri dan keluarganya.

Berita ini mengagetkan George Clooney, yang tampil bareng Wilkinson dalam film thriller hukum Michael Clayton (2007).

Baca juga : 4 Fakta Laka 22-24 Desember 2023, Korban Meninggal Di Jalan Tol Turun 80 Persen

Di mata Clooney, Tom adalah sosok yang dapat membuat setiap proyek menjadi lebih baik. Juga membuat setiap aktor menjadi lebih baik. "Tom adalah lambang keanggunan. Sosoknya akan sangat dirindukan oleh kita semua,” ungkapnya kepada majalah Variety.

Sementara Robert Carlyle, yang juga membintangi The Full Monty, menggambarkan Wilkinson sebagai pemain besar. “Dia adalah real titan dari seorang aktor. Kehebatannya milik semua generasi,” ujarnya.

Lewat platform medsos X, aktor Inggris Phil Davis menyebut Wilkinson sebagai sosok kuat tetapi halus dan sangat cerdas. “Dia adalah salah satu yang terbaik,” ucapnya.

Baca juga : Bela Petani, Ganjar Ingin Produksi Tembakau Di Indonesia Meningkat

Sementara penyanyi dan aktor Will Young mengibaratkan Wilkinson sebagai royalti akting Inggris.

Wilkinson lahir di Leeds, Yorkshire, Inggris pada 5 Februari 1948. Sepanjang kariernya, Wilkinson menerima banyak penghargaan termasuk BAFTA Award, Golden Globe Award, dan Primetime Emmy Award serta nominasi untuk dua Academy Awards dan dua Laurence Olivier Awards.

Tahun 2005, Wilkinson mendapat penghargaan Officer of the Order of the British Empire (OBE) dari Kerajaan Inggris.

Baca juga : Mantan Menlu AS Henry Kissinger Meninggal Dalam Usia 100 Tahun

Penghargaan ini diberikan kepada individu yang telah berkontribusi besar di tingkat lokal, atau karyanya telah mendapatkan pengakuan nasional. Gelar OBE lazimnya disematkan di belakang nama penerima penghargaan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.