Dark/Light Mode

Atiqah Hasiholan, Filosofi Jawa Atasi Stres Di Medsos

Kamis, 4 April 2019 15:05 WIB
Atiqah Hasiholan (Foto : Net)
Atiqah Hasiholan (Foto : Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Atiqah Hasiholan  lama vakum ngartis karena mengurus anak dan belakangan menemani ibunya, Ratna Sarumpaet, yang menjadi pesakitan. Kini kembali, Atiqah bermain di Mantan Manten. Film itu mengusung tema adat Jawa, sehingga Atiqah pun melakukan riset hingga workshop demi mendalami perannya sebagai dukun manten (paes). 

“Ya kalau dalam cerita (film) itu iya. Aku harus melakukan beberapa ritual. Tapi kan itu di film. Jadi ya nggak harus melakukan beneran juga tapi ya paling nggak kita ada workshop tentang paes,” ujar Atiqah saat ditemui.

Baca juga : Menteri Luhut Ajak Santri Dan Mahasiswa Lawan Hoaks di Medsos

“Terus kita pelajari budaya Jawa juga, jadi paling tidak sebisa mungkin mengenal budaya Jawa, filosofinya, dari tiap apa yang dilakukan terutama dalam hal memaes. Nggak sembarangan yang cuma, ‘Oh ini ada melengkung gini, ada gini, ada gini.’ Nggak gitu, itu semuanya syarat doa,” tambah istri Rio Dewanto ini. 

Pengalaman pertamanya tersebut tentu menjadi hal baru dan membuat Atiqah sedikit bercerita. 

Baca juga : Senang Akhirnya Ibu Disidang

“Sekarang kan zaman modern segala sesuatunya serba cepat kita kalau ada masalah ungkapinnya di sosmed, bandingin diri kita sama orang lain, yang ada masalahnya bukan selesai malah nambah stres iya kan,” seloroh peraih Piala Citra 2009 ini. 

“Dan menurut aku pribadi terlepas dari digital yang super cepat tapi banyak juga merugikan orang juga, membuat orang merasa kehilangan jati dirinya sendiri,” tambahnya. 

Baca juga : Area Tanam Bawang Putih Terus Diperluas

Mantan Manten bercerita soal perjuangan seorang wanita bernama Yasnina (Atiqah) yang awalnya memiliki karier meroket. Namun karena suatu masalah, kariernya hancur dan perlahan juga cintanya. [TAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.