Dark/Light Mode

Steven Jam: Banyak Yang Tidak Hafal Pancasila

Rabu, 21 April 2021 16:08 WIB
Steven & Coconut Treez. (Foto: ist)
Steven & Coconut Treez. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Steven N. Kaligis alias Steven Jam menilai sosialiasi kebangsaan wajib dilakukan secara kontinyu kepada masyarakat. Nilai-nilai Pancasila sangat penting bagi jati diri bangsa.

"Masih banyak itu yang nggak hapal Pancasila, apalagi mengamalkannya. Padahal Pancasila itu konstitusi negara. Kita sebagai masyarakat, wajib bergerak untuk sosialisasi," kata pentolan band reggae Steven & Coconut Treez ini di sela diskusi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Selasa (20/4).

Baca juga : Kapolri Pantas Dicontoh

Sosialisasi Pancasila, khususnya terhadap milenial selintas bukan perkara mudah. Namun Steven punya kiat. Yakni lebih ke bahasa musik, lalu bedah lirik. "Jarang kan orang suka musik karena liriknya. Musiknya dulu, baru lirik kita masukkan ideologi," cetus pria yang terkenal dengan rambut gimbalnya ini.

Memang para musisi sudah hafal dan mengamalkan Pancasila? "Orang kadang salah kaprah. Dilihatnya kita hanya main musik. Tapi kami selalu berdiskusi berat-berat soal humanity, nasionalisme," jawab Steven.

Baca juga : Desa Bukan Lagi Halaman Belakang, Tapi Halaman Depan Pembangunan Indonesia

Ia tergabung dengan Indonesia Care. Komunitas Seniman Musik dan Praktisi Seni Peduli Kebangsaan itu telah melakukan sosialisasi kebangsaan bekerja sama dengan BPIP. Salah satunya, bikin dan bedah album Nyanyian Rumah Indonesia. Steven kebagian menyanyikan Rayuan Pulau Kelapa, lagu nasional yang diarensemen ulang. [GO]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.