Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bikin 5 Koperasi Ponpes, Asep Januarsah Siap Mengabdi Di BPKH

Kamis, 17 Maret 2022 05:13 WIB
Asep Januarsah, santri jebolan Ponpes Asshiddiqiyah. (Foto : Ist)
Asep Januarsah, santri jebolan Ponpes Asshiddiqiyah. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak banyak santri melek literasi pemberdayaan ekonomi pondok pesantren. Padahal, ponpes merupakan captive market paling potensial untuk menggerakkan ekonomi secara formal dan profesional, termasuk untuk menjadi bagian dari ekosistem haji.

Asep Januarsah, satu dari sedikit santri yang berhasil membangun lembaga keuangan formal di komunitas pondok pesantren yang dikelola secara profesional berbasis digital. Lima lembaga koperasi pesantren pun berhasil didirikannya dan beroperasi hingga kini.

Baca juga : Jangan Kendurkan Prokes, Belajarlah Dari Perang Uhud

"Manbaul Rizki Investama Bustanul Wildan, Nurul Mustafa, di antara koperasi pesantren yang mampu bersaing secara profesional dengan lembaga keuangan umum lainnya," ungkap Asep Januarsah, alumni Pesantren Asshiddiqiyah, Jakarta pernah menjabat komisaris utama di BPR Bahtera Masyarakat Jabar dan komisaris BPR Bahtera Masyarakat Papua.

Pria 40 tahun asal Subang, Jawa Barat yang mengantongi gelar Certified Rural Bank Director (CRBD) ini pun berniat meluaskan pengabdiannya di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Baca juga : KPK Pastikan Dalami Peran Bos Perusahaan Penyuap Pejabat Ditjen Pajak

Kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Koperasi Jasa Syariah Manbaul Rizki Investama dan Komisaris Utama PT BPR Muria Harta Nusantara Serta Komisaris PT. BPR Mulia Arta.

Bekal pengalamannya di sejumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan pengelolaan lembaga keuangan lainnya berskala nasional menjadi modal untuk mengikuti seleksi Anggota Badan Pelaksana BPKH.

Baca juga : Susun Konsep PPHN, Basarah Minta Dukungan Akademisi

Pengalaman ayah dua anak memimpin perbankan itu antara lain; dimulai dari Manajer Operasional BPR Subang, Komisaris Utama BPR Bahtera Jabar, Komisaris BPR Bahtera Masyarakat Papua, Dirut PT BPR Niaga Mitra Usaha Bandung, Pengawas Koperasi Jasa Syariah Manbaul Rizki Investama.

"Saya menawarkan ekosistem Haji berbasis komunitas pondok pesantren dimulai dari penghimpunan dana haji dengan membidik calon haji muda serta selanjutnya penempatannya dalam investasi di sektor riil tentunya dengan prinsip kehati-hatian," tandasnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.