Dark/Light Mode

Sandiaga Uno Sebenarnya Mau Gabung Dengan PPP Atau PKS

Mardani Ali Sera: Siapa Saja Bisa MasukDan Diperlakukan Sama

Senin, 22 Mei 2023 07:30 WIB
Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id).
Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno atau Sandi, sudah resmi mengundurkan diri dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Mundurnya Sandi dikait-kaitkan dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Apalagi, beberapa elite PPP menyatakan, Sandi hampir pasti akan bergabung dengan partai berlambang Kabah itu.

Namun, sejak mundur dari Partai Gerindra hingga Lebaran usai, Sandi belum juga mendeklarasikan diri bergabung ke PPP. Kabar Sandi akan bergabung ke PPP pun belakangan redup.

Kabar lain datang, Sandi justru mesra dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sandi hadir di berbagai acara PKS, di pusat maupun daerah. Misalnya, Sandi menghadiri Malang Education Summit di Taman Krida Budaya, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/4). Acara ini digelar Ketua Bidang Kepemudaan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS Gamal Albinsaid.

"Rasanya, ingin saya berjuang kembali bersama teman-teman PKS," ujar Sandi seperti dikutip dari Kompas TV, Selasa (9/5).

Sandi mengaku sudah berjuang berkali-kali bersama PKS di dunia politik. Menurutnya, PKS sudah terbukti selalu berjuang dengan hati.

Baca juga : USMAN M TOKAN: Sandiaga Uno Bilang Komit Bersama PPP

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menegaskan, PKS terbuka terhadap Sandi. Dia menambahkan, Sandi berkeliling daerah yang menjadi tanggung jawabnya, dalam kapasitas sebagai menteri. "Saya menerima beliau. Teman-teman di dapil juga menerima kehadiran beliau," kata Syaikhu.

Apakah itu sinyal bahwa Sandi akan bergabung dengan PKS? Ketua DPP PPP Usman Tokan tidak yakin jika Sandi akan bergabung ke PKS. Sebab, Sandi sudah berkomitmen untuk membesarkan PPP.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menyambut baik jika Sandi bergabung ke PKS. "Silakan saja, karena semua bisa masuk PKS. Semua diperlakukan sama," ucapnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Mardani Ali Sera mengenai hal ini.

Sandi disebut-sebut bakal merapat ke PKS. bagaimana respons Anda?

Silakan saja, karena semua bisa ma­suk PKS. Semua diperlakukan sama.

Baca juga : Anies Dinilai Sedang Cari Simpati Dan Donatur

Jika Sandi mau bergabung, apakahPKS menyambut baik?

Tentu, tapi kaderisasi jadi dasar PKS untuk memajukan partai. Melayani dan membela rakyat itu berat. Harus dididik dengan seksama me­lalui kaderisasi.

Apakah PKS akan menggelar kar­pet merah jika Sandi benar-benar mau merapat?

Semua diperlakukan sama. Semua ikut kaderisasi. Untuk jabatan publik,dipertimbangkan kapasitas dan integ­ritasnya.

Sandi mengaku nyaman dengan PKS. Bagaimana menurut Anda?

Sama, PKS juga nyaman dengan Bang Sandi. Apalagi, antara PKS dan Sandi pernah bekerja sama dalam pemilihan kepala daerah di Jakarta. PKS dan Sandi berkomunikasi denganbaik.

Baca juga : Surya Paloh Serba Salah, Maju Kena, Mundur Kena

Apa manfaatnya bagi PKS jika Sandi benar bergabung?

Manfaatnya bukan hanya untuk PKS, tapi juga untuk semua. Artinya, tidak spesifik untuk PKS. Kami ter­biasa berjuang dengan kemampuan yang ada. Tidak karena ada ketua yang pengusaha, apalagi bohir. Kekuatan PKS ada pada kaderisasinya.

Apakah Sandi bisa meningkatkan suara bagi PKS jika bergabung?

Iya, bisa menambah suara. Bang Sandi dekat dan disukai kalangan milenial.

Jika bergabung dengan PKS, Sandi bisa disandingkan dengan Anies, dong?

Untuk urusan penentuan Cawapres, kami serahkan kepada Mas Anies dan musyawarah tiga partai pengusung Anies atau Koalisi Perubahan. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.