Dark/Light Mode

Prabowo Subianto Kantongi Lima Kandidat Cawapres

Luluk Nur Hamidah: Keputusan Cawapres Di Tangan Muhaimin

Jumat, 26 Mei 2023 07:20 WIB
Luluk Nur Hamidah - Ketua DPP PKB. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Luluk Nur Hamidah - Ketua DPP PKB. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Anda tidak khawatir?

Berapa pun cawapresnya Prabowo, keputusannya ada di tangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Itu kesepakatan kerja sama PKB dengan Gerindra.

Kenapa Anda begitu yakin?

Baca juga : Karyono Wibowo: Prabowo-Muhaimin Belum Meyakinkan

Karena, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani sudah menyatakan, kunci Inggris ada di tangan Cak Imin. Bagi PKB, Cak Imin diberikan amanah dan dukungan sepenuhnya untuk mendampingi Prabowo. Desakan ini datang dari para kiai kultural NU dan PKB. Terkait nama Cawapres, Cak Imin punya kewenangan untuk menentukan. Siapa pun boleh mengusulkan, tetapi keputusannya ada di tangan Cak Imin.

Muhaimin punya hak prerogatif untuk menentukan Cawapres ya...

Iya, karena Cak Imin sudah me­nentukan capresnya, yakni Prabowo. Itu sikap politik tertinggi yang su­dah diputuskan Cak Imin. PKB dalam posisi mematuhi keputusan itu. Kemudian, Cak Imin menawarkan diri sebagai Cawapres karena mandat dari partai.

Baca juga : Moeldoko Kembali Masuk 2 Besar Cawapres Di Musra Sumut

Apakah PKB bisa berkoalisi denganpartai lain?

Kami masih terbuka dengan partai lain. Bisa dengan Golkar atau dengan partai lain untuk bersama-sama mem­perkuat koalisi ini. Namun, seperti yang sudah disampaikan Cak Imin, koalisi PKB dengan Gerindra sudah jauh dan panjang.

Namanya politik, bukankah se­gala kemungkinan bisa terjadi?

Baca juga : Anggota KIB Masih Cari Kandidat Capres Cawapres Masing-masing

Partai yang datang, jangan dalam rangka mengobrak-abrik dan mengubah formasi, tapi harus menguatkan. Kalau coba mengutak-atik, itu tidak bagus. Itu yang kami tegaskan dengan Gerindra.

Sebagai penutup, apa yang ingin Anda garis bawahi?

Kami tidak tertarik dengan upaya siapa pun yang menarik ke sana ke mari, hingga akhirnya menjauhkan PKB dengan Gerindra. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.