Dark/Light Mode

Untuk Bakal Calon Presiden Pengusaha Dan Akademisi Sumbang Saran

Didik J Rachbini: Hilirisasi Dongkrak Nilai Tambah

Rabu, 31 Mei 2023 07:20 WIB
Prof Didik J Rachbini, Rektor Universitas Paramadina. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Prof Didik J Rachbini, Rektor Universitas Paramadina. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melihat berbagai hasil survei, tiga besar bakal Calon Presiden (Capres) masih diisi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Seiring itu, sejumlah lembaga survei merilis hasil survei mereka tentang elektabilitas (keterpilihan) Capres pada Mei 2023.

Litbang Kompas menunjukkan, Prabowo ada di urutan pertama dengan elektabilitas 24,5 persen, kemudian Ganjar Pranowo 22,8 persen dan Anies 13,6 persen. Survei itu berlangsung pada 29 April-10 Mei 2023.

Litbang Kompas melaksanakan survei dengan metode wawancara tatap muka, melibatkan 1.200 responden dari 38 provinsi. Margin of error survei ini, lebih kurang 2,83 persen.

Baca juga : Setiawan Djody: Biaya Transisi Energi Perlu Diperhatikan

Sedangkan menurut hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), elektabilitas Ganjar melampaui Prabowo dan Anies Baswedan. Hal itu terjadi pada kelompok pemilih kritis.

Berdasarkan hasil survei tersebut, elektabilitas Ganjar naik dari 31,1 persen menjadi 35,9 persen. Prabowo pun demikian, naik dari 29,7 persen menjadi 32,8 persen. Sedangkan dalam lima bulan terakhir, Anies merosot dari 29,7 persen pada Desember 2022, menjadi 20,1 persen pada survei 23-24 Mei 2023. Namun, 11,3 persen responden belum menjawab survei ini.

Sedangkan menurut Lembaga Survei Jakarta (LSJ), saat responden ditanya tentang siapa Capres yang tepat menggantikan Jokowi, hasilnya, Prabowo meraih 26,2 persen, Ganjar 18,8 persen dan Anies 15,3 persen.

Pada pertanyaan tertutup, saat responden disodorkan 10 nama Capres, Prabowo kembali unggul. Ia mendapatkan elektabilitas tertinggi, dengan persentase 33,2 persen. Ganjar mendapat 19,4 persen dan Anies 18,6 persen.

Baca juga : Presiden Minta Lonjakan Pemudik Diantisipasi Dengan Baik

Survei tersebut dilakukan LSJ pada 9 Mei sampai 17 Mei 2023, dengan metode tatap muka, melibatkan 1.200 responden. Adapun margin of error 2,8 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Bisa dibilang, Prabowo, Ganjar dan Anies adalah tiga besar bakal Capres. Atau, Ganjar, Prabowo dan Anies. Lantas, bagaimana saran pengusaha dan akademisi untuk para bakal Capres itu?

Berikut wawancara dengan Rektor Universitas Paramadina, Prof Didik J Rachbini mengenai apa yang perlu diajukan para bakal Capres itu.

Apa saran Anda bagi para bakal Capres tentang sektor sumber daya alam ?

Baca juga : Pengusaha Optimis Program Hilirisasi Dorong Capaian Target Investasi 2023

Pertama, kebijakan hilirisasi in­dustri yang dilakukan Presiden Joko Widodo, itu perlu dilanjutkan. Kare­na, itu meningkatkan nilai tambah. Kebijakan yang bagus, saya dorong. Kebijakan yang jelek, saya kritik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.