Dark/Light Mode

Biar Kantong Rakyat Nggak Jebol, Ayo Dong Turunkan Harga Ayam

Jerry Sambuaga: Kami Berupaya Agar Harga Kembali Stabil

Sabtu, 1 Juli 2023 07:10 WIB
Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/RM.id
Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/RM.id

 Sebelumnya 
Saat kunjungan ini, Presiden me­nilai, harga daging ayam sangat mahal. Bagaimana tanggapan Anda?

Kami berupaya untuk segera memastikan, supaya harga daging ayam kembali stabil dan ketersediaannya terjamin.

Bagaimana caranya?

Kami akan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, antara lain Satgas Pangan, Pemerintah Daerah tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota, termasuk distributor dan semua pihak. Tujuannya, untuk memastikan harga bisa kembali kondusif.

Baca juga : Menhan Amerika: Kami Bangga Kerja Bareng RI

Intinya, setiap hari kami pantau terus. Kami upayakan semaksimal mungkin. Pak Menteri Perdagangan dan jajarannya, terus berupaya memastikan harga dan ketersediaan itu kondusif.

Apakah kenaikan harga saat itu karena menjelang Idul Adha?

Memang, menjelang Idul Adha, kenaikan permintaan cukup signifikan. Itu mungkin memberikan dampak kenaikan harga. Ini menjadi salah satu evaluasi untuk kita memastikan harga kembali normal.

Tentu ini memerlukan kerja ke­ras seluruh pihak, bukan hanya Kemen­terian Perdagangan, tapi juga seluruh pemangku kepentingan, termasuk Pemerintah Daerah.

Baca juga : Biar Nggak Jebol, Kenaikan Harga BBM Harus Dibarengi Pengendalian

Kapan harga ayam akan kembali normal?

Mudah-mudahan bisa segera ya. Kami berusaha setiap hari, mungkin akan ada langkah-langkah dan kebijakan yang lebih spesifik dari Kemendag, juga daerah.

Seberapa penting kebijakan dan langkah Pemerintah Daerah itu?

Sangat penting, karena pasar-pa­sar ini ada di daerah. Kami per­lu banyak berkoordinasi dengan dae­rah. Kami berkoordinasi secara kon­­­tinyu untuk memastikan harga kembali normal.

Baca juga : Dedi Kurnia Syah: Golkar Dan PAN Berpotensi Usung Capres-Cawapres

Apa contoh langkah konkretnya?

Mungkin ada operasi pasar. Atau langkah konkret lain yang targetnya spesifik.

Apakah kenaikan harga ayam di­pi­cu mahalnya harga pakan ternak? Apakah Kemendag akan ber­diskusi dengan produsen pakan?

Kami akan berkoordinasi dengan­ seluruh pihak, asosiasi produsen pa­kan, Kementerian Pertanian, Pem­da dan yang lain, karena ini kerja bersama, kolektif. Kami akan berkoordinasi dengan para pihak itu setiap hari, untuk membahas hal ini bersama-sama. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.