Dark/Light Mode

Pendamping Anies Sudah Mengerucut Ke Satu Nama

Muslimin: Anies Butuh Figur Wakili Jawa Timur

Senin, 26 Juni 2023 07:20 WIB
Muslimin, Direktur Eksekutif Puspol Indonesia. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Muslimin, Direktur Eksekutif Puspol Indonesia. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang menunaikan ibadah haji, bakal Calon Presiden (Capres) Koalisi Perubahan dan Persatuan, Anies Baswedan memberikan arahan kepada Tim 8.

Seperti diketahui, tim ini bertugas menggodok daftar nama bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Anies. Tim ini terdiri dari dua orang perwakilan Anies, dua dari Par­tai NasDem, dua dari PKS dan dua dari Partai Demokrat.

Menurut Anggota Tim 8, Sudirman Said, dalam pertemuan itu, Anies menyatakan, diskusi mengenai Cawapres sudah selesai, karena seluruh aspirasi sudah ditangkap.

"Seluruh partai sudah menyampaikan aspirasinya. Kini, saatnya Pak Anies memutuskan," ucap Sudirman, yang meru­pakan perwakilan Anies di tim ini.

Baca juga : Sudirman Said: Insya Allah Keputusan Anies Dapat Diterima

Seperti diketahui, lanjutnya, pernah ada pernyataan teman-teman Koalisi Perubahan mengenai lima nama bakal Cawa­pres. "Belakangan, mengerucut jadi tiga, akhirnya tinggal satu nama," kata Sudirman menjelang keberangkatan Anies ke Tanah Suci.

Hal itu, katanya, dianggap sudah selesai atau final. Seka­rang, tiba giliran Anies mencari waktu terbaik untuk me­mutuskan dan menjelaskan tentang siapa yang dipilihnya sebagai Cawapres.

"Kami memberikan kesempatan kepada Pak Capres untuk beribadah dengan tenang. Siapa tahu setelah Anies kembali, kami bisa segera mengumumkan pilihannya itu," tutur man­tan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini.

Sepulang Anies beribadah haji, waktu pendaftaran Capres- Cawapres semakin dekat. "Saya kira, itu waktu yang baik untuk mengumumkan," ujarnya.

Baca juga : Muhammad Ramli: Kami Ikut Keputusan Mas Anies Baswedan

Seperti diketahui, waktu pendaftaran Capres-Cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah 19 Oktober-25 November2023.

Selanjutnya, kata Sudirman, Anies meminta Tim 8 melang­kah ke tahap berikutnya. Apa saja tahap berikutnya itu? Lalu, siapa yang dipilih Anies sebagai Cawapres?

Berikut ini penjelasan prediksi Direktur Eksekutif Puspol Indonesia, Muslimin mengenai siapa saja yang berpotensi jadi Cawapresnya Anies.

Mungkin Anies akan mengumumkan Cawapresnya sepulang beribadah haji. Kira-kira siapa?

Baca juga : Cawapres Anies Mengerucut Ke Satu Nama, Demokrat: AHY Paling Memenuhi Syarat

Anies membutuhkan tokoh yang merepresentasikan Jawa Timur. Ka­rena, di Jawa Timur (Jatim), Anies ma­sih terlihat lemah. Berbeda dengan wilayah lain seperti Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, Anies cukup kuat. Artinya, Anies butuh figur yang bisa mendongkrak suaranya, terutama di Jawa Timur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.