Dark/Light Mode

Menakar Potensi PAN Berkoalisi Dengan Partai Gerindra Dan PKB

Viva Yoga Mauladi: PAN Berkoalisi Dengan Pendukung Pemerintah

Kamis, 6 Juli 2023 07:30 WIB
Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum PAN.
Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum PAN.

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah resmi bekerja sama dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Perolehan suara dua partai ini dalam Pemilu Legislatif 2019, jika digabungkan, sudah memenuhi syarat (ambang batas) mengusung Calon Presiden-Calon Wakil Presiden pada Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Yakni, minimal 20 persen jumlah kursi DPR.

Mereka pun sepakat akan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden (Capres). Sedangkan siapa Calon Wakil Presidennya (Cawapresnya), akan dibicarakan Prabowo dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Karena Prabowo sudah didukung PKB sebagai Capres, maka Muhaimin memegang peranan sangat penting dalam menentukan Cawapres yang akan diusung KKIR.

"Pak Muhaimin adalah pemegang kunci utama penentuan Cawapres ini," kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, dalam catatan Rakyat Merdeka.

Baca juga : Dita Indah Sari: Yang Mau Gabung Harus Ikuti Proses

Tapi, situasi politik masih sangat dinamis. Bisa dibilang, hingga saat ini, belum ada koalisi yang pasti. Kecuali, jika mereka telah resmi mendaftarkan Capres-Cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Seiring berjalannya waktu, muncul wacana bahwa PAN akan ikut mendukung Prabowo sebagai Capres. Asalkan, PAN mendapatkan tiket Cawapres.

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto pun meminta Ketua Umum Gerindra menjembatani komunikasi dengan PKB. "Peran Pak Prabowo sangat penting untuk melakukan konsolidasi konkret tiga partai ini," ucap Yandri, Senin (3/7).

Sedangkan Ketua DPP PKB Dita Indah Sari menyatakan, telah membaca hal itu di media massa. "Pendatang baru kok minta duduk di depan. Ibarat naik bus belakangan, ya cari tempat duduk di belakang," kata Dita, Selasa (4/7).

Baca juga : Imin Menunggu Dipanggil Mega

Tapi, situasi politik masih sangat dinamis. Bukan tidak mungkin,PAN akan berkoalisi dengan Gerindra dan PKB menjelang pendaftaran Capres-Cawapres.

Lantas, bagaimana potensi terwujudnya koalisi Partai Gerindra,PKB dan PAN? Berikut wawancara dengan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengenai hal ini.

Apakah PAN meminta tiket Cawapres untuk mendukung Prabowo sebagai Capres?

Siapa yang akan dipilih Pak Prabowo untuk menjadi pendampingnya, ya kami serahkan kepada beliau.

Baca juga : Viva Yoga Mauladi: PAN Dan PDIP Makin Banyak Titik Temu

Ketua DPP PKB, Dita Indah Sari tampaknya gusar karena PAN men­syaratkan tiket Cawapres untuk mendukung Prabowo. Tanggapan Anda?

Santai saja. Jangan gaspol. Tunggu saja pengumuman resmi dari Ketua Umum PAN, Bang Zulkifli Hasan dalam beberapa pekan ke depan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.