Dark/Light Mode

Peluang PDIP Dan PKB Berkoalisi Terbuka Lebar

Luluk Nur Hamidah: Kami Dua Periode Koalisi Dengan PDIP

Sabtu, 15 Juli 2023 07:30 WIB
Luluk Nur Hamidah, Ketua DPP PKB.
Luluk Nur Hamidah, Ketua DPP PKB.

RM.id  Rakyat Merdeka - Peta koalisi partai politik menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih sangat dinamis. Partai politik masih bergerilya untuk mengajak partai lain bergabung.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), misal­nya. Partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri ini, sebenarnya sudah cukup suara untuk mengusung Capres- Cawapres. Tetapi, PDIP masih menggoda partai lain untuk bergabung.

Yang digoda adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PDIP mengajak PKB berkoalisi mengusung Capres Ganjar Pranowo. Padahal, PKB sudah membangun koalisi dengan Partai Gerindra.

Baca juga : Hasto Kristiyanto: Ada Partai Politik Yang Minta Waktu

Adanya tawaran PDIP ini, dibocorkan Wakil Sekjen PKB Syaiful Huda. Dia menyatakan, ajakan itu disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat mengunjungi DPP PKB, 2 Juni lalu. Saat itu, kedatangan Hasto diterima Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Mas Hasto datang ke Kantor DPP PKB. Waktu itu, satu jam sebelum PDIP menerima PAN. Mas Hasto datang ngajak diskusi,"kata Huda di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Huda melanjutkan, saat itu Hasto menyatakan bahwa PDIP dan PKB sudah lama berkoalisi. "Kira-kira Mas Hasto menyam­paikan, ‘selama ini kan kita bareng, PKB-PDIP. Kita bareng lagi lah’. Jadi, Hasto mengulurkan tangan ngajak PKB," cerita Ketua Komisi X DPR ini.

Baca juga : Amankan Ibadah Ramadan Di Papua, Polri Kolaborasi Dengan TNI

Ketua DPP PKB Luluk Nur Hamidah mengakui, peluang berkoalisi dengan PDIP masih terbuka. "Berapa persennya, itu yang kami tidak tahu," ucapnya.

Berikut wawancara dengan Luluk Nur Hamidah mengenai peluang PKB berkoalisi dengan PDIP. 

PDIP mengajak PKB berkoalisi. Bagaimana tanggapan Anda?

Baca juga : Pemilu Proporsional Terbuka Lebih Kedepankan Politik Masa Depan

Saya kira, ajakan itu bagus, positif. PKB menyambut baik.

Seberapa besar peluang PKB berkoalisi dengan PDIP?

Kalau bicara peluang, pasti ada. Tapi seberapa besarnya, kami tidak tahu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.