Dark/Light Mode

Usulkan Cawapres, PAN Diajak Berkoalisi Dengan PDIP Dan PPP

Viva Yoga Mauladi: PAN Senang Jika Tetap Bersama PPP Dan Golkar

Senin, 17 Juli 2023 07:20 WIB
Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum PAN.
Viva Yoga Mauladi, Wakil Ketua Umum PAN.

RM.id  Rakyat Merdeka - Peta koalisi partai politik menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih belum pasti. Mereka belum bersepakat, utamanya tentang Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Partai Amanat Nasional (PAN) misalnya, ingin Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Cawapres pendamping Prabowo Subianto, bakal Capres dari Partai Gerindra.

PAN juga mengantongi skenario duet Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto-Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai bakal Capres-Cawapres. Skenario lain PAN adalah duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir.

Baca juga : Usman Tokan: Nanti Kita Bahas Cawapres Bareng

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi berharap agar Ganjar dapat berpasangan dengan Erick. ”Dengan komposisi ini, akan terbangun pasangan ideal untuk dapat memenangi Pilpres 2024,” kata Viva.

Viva meyakini, jika Ganjar dan Erick berpasangan, maka akan terbangun ikatan nasionalis, agamis dan kemodernan. Ikatan ini sebagai perwujudan dari kondisi sosio-kultural masyarakat Indonesia yang majemuk dan beragam, serta religius.

Ia juga menyebut, pasangan ini memiliki visi, kapasitas, kompetensi, dan pengalaman sebagai birokrat dan teknokrat. Dengan demikian, dalam bekerja nantinya, mereka tidak memulai semuanya dari nol pengalaman.

Baca juga : PKS Hadang Kaesang Maju Di Pilkada Depok

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Usman Tokan mengatakan, jika PAN ingin menyodorkan nama Erick Thohir sebagai Cawapres, sebaiknya PAN bergabung ke dalam koalisi bersama PDIP dan PPP terlebih dahulu.

"Setelah itu, baru kita sama-sama membicarakan bakal Cawapres yang pantas untuk mendampingi Mas Ganjar dan bisa memenangi Pilpres," ajaknya.

Viva Yoga Mauladi menyambut baik ajakan dari berbagai partai politik untuk bekerja sama. Namun, dia menambahkan, mengenai koalisi akan diputuskan Ketua Umum PAN.

Baca juga : Viva Yoga Mauladi: PAN Berkoalisi Dengan Pendukung Pemerintah

Untuk membahas hal tersebut lebih lanjut, berikut wawancara dengan Viva Yoga.  

PPP mengajak PAN bergabung dulu dalam koalisi jika ingin mengusulkan Erick Thohir sebagai Cawapres. Tanggapan Anda?

Saya setuju. Tapi, soal koalisi atau kerja sama politik untuk menghadapi Pilpres 2024, akan diputuskan Ketua Umum PAN, Pak Zulkifli Hasan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.