Dark/Light Mode

Jajaki Koalisi Dengan Partai Lain

PKS Hadang Kaesang Maju Di Pilkada Depok

Kamis, 13 Juli 2023 07:45 WIB
Sekretaris DPD PKS Kota Depok Hermanto Setiawan bersama Bendahara Umum DPD PKS Kota Depok Ade Supriyatna, mengumumkan tiga nama kandidat Bacalon Wali Kota Depok. (Foto: Dok. Istimewa)
Sekretaris DPD PKS Kota Depok Hermanto Setiawan bersama Bendahara Umum DPD PKS Kota Depok Ade Supriyatna, mengumumkan tiga nama kandidat Bacalon Wali Kota Depok. (Foto: Dok. Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Depok akan melakukan penjajakan koalisi di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok 2024. Pasalnya, dukungan partai politik (parpol) kepada Kaesang Pangarep untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Depok di Pilkada semakin besar.

Hal ini diungkap Sekretaris DPD PKS Kota Depok, Hermanto Setiawan. Namun, ia masih merahasiakan nama-nama partai yang sudah berko­munikasi dengan PKS Kota Depok.

“Sudah ada beberapa (yang mau berkoalisi), dan kami membuka diri. Intinya, kami memiliki semangat yang sama dalam membangun Depok. Kebersamaan untuk membangun Depok juga sudah terbukti dari koalisi yang ada saat ini,” ujarnya, di Depok, Jawa Barat (Jabar), kemarin.

Baca juga : Perketat Dong Aturan Jualan Di Media Sosial

Diketahui, dukungan terhadap Kaesang di Pilkada Kota Depok 2024 terus bermunculan. Teranyar, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyebut, partainya tak menganggap kemunculan Kaesang di bursa calon Wali Kota Depok sebagai ancaman.

Bahkan, pihaknya membuka ruang untuk memberikan dukun­gan, karena Kota Depok mem­butuhkan figur yang mampu menawarkan perubahan.

“Kami menilai, Kaesang mer­upakan sosok tepat untuk menata Depok,” ujar Muzani di Jakarta, Senin (10/7).

Baca juga : KPK: Kembalinya Endar Bukan Tukar Guling Kasus Kebocoran Dokumen Di Polda Metro

Melanjutkan keterangannya, Hermanto mengatakan, penja­jakan koalisi yang dilakukan dengan sejumlah parpol masih tahap penjajakan. Karenanya, ia tidak mau berspekulasi ten­tang komposisi pasangan calon (paslon) yang akan diusung di Pilkada nanti.

“Formulasi paslon biasanya mengikuti dinamika sosial politikdi Depok, dan komunikasi antar partai dalam koalisi. Jadi, kami bentuk dulu koalisinya. Setelah itu, kami akan duduk bareng menentukan paslon,” jelas Hermanto.

Selain memiliki kesamaan visi dan misi dalam membangunKota Depok, sambung dia, komposisi pengusungan paslon di Pilkada 2024 nanti, juga bertujuan meraih kemenangan. Karenanya, DPD PKS Kota Depok membuka ruang bagi seluruh calon yang memiliki potensi memenangkan kontestasi di Kota Depok.

Baca juga : Dita Indah Sari: Yang Mau Gabung Harus Ikuti Proses

“Soal siapa bakal calon Wakil Wali Kota Depok periode 2024-2029 nanti, kami membuka ruang bagi semua kalangan. Bakal calon Wakil Wali Kota Depok yang akan diusung PKS bisa dari parpol, tokoh agama, anak muda, maupun birokrat,” ucap Hermanto.

Sementara Bendahara DPD PKS Kota Depok, Ade Supriyatna menambahkan, partainyaoptimistis kembali memenangkan Pilkada Kota Depok. Menurutnya, masyarakat Kota Depok akan kembali memberikan kepercayaan, dan semakin men­cintai PKS.

“Kami yakin, masyarakat tidak jenuh (dengan kepemimpi­nan PKS). Bahkan, PKS di Kota Depok memiliki tren positif dan semakin dicintai masyarakat,” ujar Ade.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.