Dark/Light Mode

Meski Beda Koalisi, NasDem Dan Golkar Jaga Persahabatan

Kamhar Lakumani: Golkar Beretika Dan Dewasa Berpolitik

Selasa, 18 Juli 2023 07:10 WIB
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat.
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat.

 Sebelumnya 
Politisi Golkar menghadiri Apel Siaga NasDem. NasDem kan salah sa­tu partai di Koalisi Perubahan. Koalisi yang dianggap berseberangandengan Pemerintah. Tanggapan Anda?

Hadirnya politisi Golkar itu, meru­pakan bentuk penghormatan atas un­dangan. Saling hormat-menghormati dalam bentuk mengundang maupun menghadiri undangan, merupakan bagian dari etika dan kedewasaan untuk menjaga suasana politik yang senantiasa kondusif.

Partai Demokrat tak masalah ya melihat politisi Golkar yang berada di luar Koalisi Perubahan, hadir dalam acara itu?

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Bahaya Demokrasi Transaksional

Itu bukan masalah. Kami menghormati posisi politik Partai Golkar yang konsisten, masih terus mengikhtiarkan eksistensi KIB (Koalisi Indonesia Bersatu).

Apakah Anda melihat kedatanganpolitisi Golkar itu untuk bersiap menghadapi putaran kedua Pilpres 2024?

Jika pasangan calon yang terbentuk nantinya lebih dari dua, berdasarkan hasil survei, memang sangat mungkin Pilpres berlangsung dua putaran. Jika komunikasi politik lintas partai yang terbangun saat ini menjadi bagian dari kerja-kerja politik mengantisipasi berlakunya skenario dua putaran, itu wajar-wajar saja.

Baca juga : Bamsoet Ajak Jaga Persaudaraan & Hindari Dukung Capres Secara Berlebihan

Jika Pilpres dua putaran, suara pemilih Anies dianggap menjadi rebutan jika tidak lolos putaran kedua. Tanggapan Anda?

Berbagai survei memotret bahwa selisih elektabilitas antar Capres tak terlalu signifikan. Ini artinya, peran Calon Wakil Presiden (Cawapres) akan sangat mempengaruhi kenaikan elektabilitas masing-masing pasangan calon.

Menurut kami, ini yang mesti disegerakan untuk direspons, agar masih cukup waktu untuk meng­konsolidasikan dan mengoptimalkan seluruh sumber daya pemenangan. Sehingga, Mas Anies dan pasangannya pun berpotensi memenangi Pilpres. NNM

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.