Dark/Light Mode

Kesiapan Yenny Wahid Jadi Cawapres Di Mata Politisi NasDem Dan Demokrat

Herman Khaeron: Yang Paling Tepat Adalah Mas AHY

Rabu, 9 Agustus 2023 06:20 WIB
Herman Khaeron, Ketua DPP Partai Demokrat. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Herman Khaeron, Ketua DPP Partai Demokrat. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, akhir-akhir ini menjadi perhatian publik, karena namanya muncul sebagai salah satu bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menyebut, putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid itu, sebagai sosok potensial untuk menjadi Cawapres pendamping Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Bagaimana respons Yenny Wahid? Saat menghadiri suatu acara di DPR, kemarin, Yenny mengaku siap jika diminta menjadi Cawapres pada Pilpres 2024.

“Sebagai orang yang berkecimpung di dunia politik sudah cukup lama, harus siap untuk menduduki jabatan publik,” kata Yenny tanpa menyebut siap berduet dengan siapa.

Baca juga : Pengamat Soal Peluang Hadi Jadi Cawapres: Mantan Panglima TNI Dan Dekat Dengan Jokowi, Poin Plus

Yenny menambahkan, ketika ada kesempatan, siapa pun harus bersedia menjadi Cawapres kalau ingin berkiprah dalam bidang kebijakan publik. “Untuk membuat kebijakan bagi masyarakat, adalah dengan menduduki jabatan publik,” tandasnya.

Saat ini, Yenny mengaku dekat dengan semua bakal Capres, termasuk Anies. Kedekatan itu karena Anies pernah menjadi Rektor sekaligus dosennya di Universitas Paramadina.

“Saya pulang dari ambil Master di Amerika, Mas Anies menawari saya di Paramadina. Beliau waktu itu Rektor,” kenangnya.

Yenny juga mengaku dekat dengan Ganjar Pranowo. Karena, suaminya dan Ganjar sama-sama alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM). Yenny juga dekat dengan Prabowo Subianto. Karena, suaminya pernah di Partai Gerindra.

Baca juga : NasDem-Demokrat Kembali Memanas

Lalu, bagaimana respons Partai Demokrat dan Partai NasDem dalam menanggapi kesiapan Yenny?

Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron menyambut baik. Tapi, menurutnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tetap yang terbaik untuk posisi Cawapres.

Wasekjen Partai NasDem Dedy Ramanta mengatakan, semua tokoh yang berpotensi menjadi bagian dari perubahan, disambut baik. “Kami senang,” ujarnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Herman Khaeron mengenai hal tersebut.

Baca juga : Cawapres Anies Mengerucut Ke Satu Nama, Demokrat: AHY Paling Memenuhi Syarat

Yenny Wahid siap menjadi Cawa­pres. Bagaimana tanggapan Anda?

Bagi Partai Demokrat, sah-sah saja me­nyatakan siap untuk menjadi Cawapres.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.