Dark/Light Mode

Muncul Nama Yenny Cawapres Anies

NasDem-Demokrat Kembali Memanas

Sabtu, 1 Juli 2023 08:00 WIB
Yenny Wahid. (Foto: Ist)
Yenny Wahid. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan NasDem dan Demokrat kem­bali memanas terkait nama Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Baswedan. Terbaru, NasDem memunculkan nama Yenny Wahid untuk jadi pendamping Anies. Sementara, Demokrat menegaskan, penentuan Cawapres Anies sudah selesai dan akan diumumkan setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu pulang haji.­

Dukungan terhadap Yenny disampai­kan Wakil Ketua Umum NasDem, Ah­mad Ali. Menurut dia, Yenny punya latar belakang mumpuni untuk dijodohkan dengan Anies. “Sebagai seorang sahabat dari Yenny, saya akan sangat bahagia jika Yenny dipilih Anies jadi Cawapre­snya,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Ketua DPP NasDem, Effendy Choirie mengatakan, yang pertama kali mengusulkan nama Yenny bukan NasDem, tapi Demokrat. Kata dia, nama Yenny disampaikan langsung Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) De­mokrat, Andi Arief.

“Dalam usulan Demokrat, selain Mas AHY (Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono), juga ada nama Mbak Yenny," ungkap Gus Choi, sapaan akrabnya, kemarin.

Baca juga : Ancaman Capres Di Dunia Digital

Menurutnya, tidak ada yang salah dari usulan Demokrat itu. Juga tidak ada yang keliru jika Anies enggan memilih satu pun usulan Koalisi Pe­rubahan untuk Persatuan (KPP) yang dibentuk NasDem, Demokrat, dan PKS. Sebab, kewenangan Cawapres sepenuhnya berada di tangan Anies.

Sementara, Demokrat kaget disebut kadernya yang memunculkan nama Yenny sebagai Cawapres Anies. Menu­rut partai berlambang Mercy itu, selama ini yang berkoar-koar nama Yenny adalah Gus Choi.

"Gus Choi itu yang getol menyebut nama itu (Yenny),” ujar Deputi Bap­pilu Demokrat, Kamhar Lakumani.

Namun, Kamhar enggan memperlebar masalah siapa Cawapres Anies. Pihaknya tegak lurus terhadap piagam KPP yang menyerahkan urusan Cawapres ke Anies. "Beliau telah mengantongi satu nama, jadi kita hormati itu," ucap Kamhar.

Baca juga : Kali Ini, Demokrat Tidak Membalas

Kamhar meminta, semua pihak menunggu Anies menyampaikan Cawa­presnya sepulang haji. "Kita tunggu saja penyampaian dari Mas Anies pada saatnya nanti," tukasnya.

Senada dikatakan Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra. Dia menegaskan, jika pemba­hasan Cawapres Anies sudah tuntas. “Apapun keputusan Capres, kami menghormatinya," tegasnya.

Lalu apa kata Yenny? Sampai ta­di malam, putri Gus Dur itu belum menanggapi soal namanya diusulkan jadi Cawapres Anies. Namun, kemarin, di akun Instagramnya, Yenny mem-posting foto dirinya bersama AHY. "Selfie lama dengan Mas @agusyudhoyono," tulis Yenny di keterangan fotonya.

Yenny menambahkan, aslinya di foto tersebut bukan cuma dia dan AHY. Na­mun, juga ada Presiden RI Ke-3, almarhum BJ Habibie. Di akhir keterangan foto, Yenny memuji fisik AHY. "Gimana ya caranya biar bisa bugar dan keren kayak Mas @AHY? #nanyaserius," tutup Yenny.

Baca juga : Cawapres Anies Diumumin Pulang Haji, Demokrat Nggak Sabaran

Postingan Yenny itu pun langsung direspon AHY. "Hehehe... terima kasih Mba Yenny yang baik. Yang penting sehat Mba. Sukses selalu ya," tulis AHY di kolom komentar.

Lalu apa kata pengamat? Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin meni­lai, peluang Yenny sangat kecil jadi pendamping Anies. Ujang mempre­diksi, Cawapres Anies tetap AHY.

"Elektabilitas AHY jauh lebih baik dibandingkan Yenny. Ditambah, AHY juga Ketua Umum Partai Demokrat,” tegas Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.