Dark/Light Mode

Anies Kasih Sinyal Bakal Gaet Cawapres Dari Jatim, Siapa Ya?

Kamhar Lakumani: Paket Komplit Mesti Segera Diumumkan

Jumat, 11 Agustus 2023 06:20 WIB
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Termasuk, jika saat ini Mas Anies menyampaikan kode bahwa Cawapres yang akan digandengnya berasal dari Jawa Timur. Kami me­mandang ini juga relevan.

Apakah AHY termasuk?

Iya. Bapaknya Mas AHY, Pak SBY kan orang Pacitan, Jawa Timur. Meskipun, Mas AHY lahir di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Gibran: Saya Ini Kan Cuma Anak Ingusan

Terlepas dari itu, kami mengingatkan bahwa Mas Sudirman Said selaku Jubir Mas Anies yang juga Anggota Tim Delapan, telah menyampaikan, bakal Cawapres itu telah mengerucut satu nama dan akan diumumkan sekembali Mas Anies dari menunaikan ibadah haji. Kami melihat memang ada dinamika, namun ini mesti disegerakan.

Maksud Anda, sebaiknya Anies segera mengumumkan Cawapresnya itu?

Iya, Mas Anies selaku Capres perlu segera memutuskan calon pendampingnya agar segera dilaksanakan deklarasi paket komplit, sebagaimana telah diatur dalam Piagam Kerja sama Tiga Partai, poin keempat, bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama, akan menyelenggarakan deklarasi dan mengumumkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024-2029.

Baca juga : Kamhar Lakumani: Sinyal Cawapresnya Dari Internal Koalisi

Menurut Anda, jangan terlalu lama?

Saat ini telah genap separuh jalan sejak Piagam Kerja sama Tiga Partai ditandatangani menuju Pilpres 14 Februari 2024. Karenanya, jika ke­mudian kami mendesak untuk disegerakan, memiliki dasar yang sangat kuat. Kami taat azas, menjunjung tinggi nota kesepahaman yang telah ditandatangani bersama.

Tak butuh ahli bahasa dan ahli tafsir untuk memahami, jika telah melewati separuh dari kurun waktu yang di­perjanjikan, itu bukan "dalam waktu yang tidak terlalu lama", melainkan kelamaan.

Baca juga : Jika Capres Cuma 2, Siapapun Lawannya, Prabowo Menang

Apakah ada faktor lain untuk segera menggelar deklarasi itu?

Faktor dinamika dan kondisi politik kekinian, juga mendesak untuk segera direspons. REN 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.