Dark/Light Mode

Silakan Tebak, Siapa Bakal Cawapres Pendamping Anies

Kamhar Lakumani: Sinyal Cawapresnya Dari Internal Koalisi

Selasa, 6 Juni 2023 06:30 WIB
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu Partai Demokrat. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/RM.id)
Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu Partai Demokrat. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) sudah menyepakati satu nama bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Anies Baswedan. Publik menerka-nerka, siapa yang dipilih.

Ada yang menebak, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ada yang menduga, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ada yang memprediksi, pensiunan Jenderal.

Ketua DPP NasDem Willy Aditya enggan membocorkan siapa sosok bakal Cawapres ini. Willy mengatakan, Anies sendiri yang akan mengumumkannya ke publik. "Nanti kami rapatkan, habis ini kapan Mas Anies mengumumkan ke publik," elaknya.

Meski begitu, anggota Komisi XI DPR ini membeberkan, satu nama bakal Cawapres itu sudah dikonsultasikan ke Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Mas Anies ke Pacitan untuk menyampaikan hasil Tim Delapan ke Pak SBY dan Mas AHY," ucap Willy. Nama Cawapres yang akan mendampingi Anies tersebut, merupakan hasil diskusi Ketua Umum Partai NasDem, PKS dan Partai Demokrat. Dari diskusi itu didapati satu nama yang sampai saat ini masih dirahasiakan. "Hasilnya, merujuk pada satu nama," ujarnya.

Sebelumnya, PKS sempat mengusulkan tiga nama calon pendamping Anies. Yakni, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga : Siapa Cawapres Ganjar? Puan: Masih Dibahas Internal

"Mungkin ada Mas AHY, Kang Aher. Kemudian, NasDem menyodorkan Ibu Khofifah," kata politisi PKS Sohibul Iman di Universitas Paramadina, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (23/5)

Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo menduga, sosok yang dipilih Anies adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Namun, Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani masih berharap, Anies akan memilih figur dari internal koalisi.

"Kami selaku kader Partai Demokrat tentu berharap, Cawapres dari internal KPP," katanya.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Kamhar Lakumani mengenai hal tersebut.

Cawapresnya Anies, informasinya sudah mengerucut ke satu nama. Pandangan Anda?

Penyampaian telah mengerucutnya satu nama ke publik sebagai Cawapres, adalah tanda bahwa Koalisi Perubahan untuk Persatuan, melalui Tim 8 terus menunjukkan kemajuan dalam menjalankan tugas-tugas sesuai mandat yang diberikan.

Baca juga : Luluk Nur Hamidah: Keputusan Cawapres Di Tangan Muhaimin

Kapan Cawapres itu diumumkan?

Untuk mengumumkannya ke publik, tentu akan melihat momentum yang tepat, sebagaimana telah disampaikan Mas Anies, “pada waktunya nanti akan diumumkan”.

Siapa figur yang akan dipilih Anies. Dari dalam koalisi atau luar koalisi?

Kami selaku kader Partai Demokrat berharap, Cawapres dari internal KPP. Sesuai aspirasi segenap kader dan aspirasi masyarakat, sebagaimana terpotret dari hasil survei berbagai lembaga survei, Mas Ketum AHY adalah figur terbaik untuk mendampingi Mas Anies.

Namun, ini sepenuhnya diserahkan ke Mas Anies selaku bakal Capres. Sesuai piagam kerjasama tiga partai point keempat, dalam waktu yang tidak terlalu, lama KPP akan menyelenggarakan deklarasi dan mengumumkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024-2029. Kita semua taat azas dan akan mengindahkan itu. Jadi kita tunggu saja.

Jika cawares dari luar KKP. Bagaimana?

Baca juga : IRMA: Cawapres Harus Bisa Bantu Raih Kemenangan

Kami percaya sepenuhnya kepada Mas Anies yang sebelumnya telah memberikan sinyal bahwa Cawapresnya dari internal Koalisi Perubahan.

Apapun keputusan Anies, Partai Demokrat tetap komit ya?

Sesuai kesepakatan pada piagam kerjasama tiga partai, Mas Anies Baswedan telah diberi kepercayaan penuh untuk memilih Cawapres yang merujuk pada 5 kriteria yaitu (1).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.