Dark/Light Mode

Pro Kontra Mencuat Saat KPU Mau Buka CV Caleg

Dave Laksono: Untuk Apa Sih Buka Riwayat Hidup Caleg

Minggu, 20 Agustus 2023 06:21 WIB
Dave Laksono, Ketua DPP Partai Golkar. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Dave Laksono, Ketua DPP Partai Golkar. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana membuka daftar riwayat hidup Calon Anggota Legislatif (Caleg) ke publik. Pro kontra pun mencuat.

Namun, KPU terlebih dahulu meminta izin kepada partai politik.

"Anggota legislatif adalah orang yang berada dalam lembaga publik. Sebaiknya, sejak dini menyampaikan profil dirinya. Kami akan persuasif kepada partai dan caleg," ujar Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/8).

Baca juga : Sigit Widodo: Kita Tidak Boleh Pilih Kucing Dalam Karung

Menurut Idham, publikasi riwayat hidup Caleg itu diperlukan masyarakat. Karena, pemilih berhak memperoleh informasi tentang profil Caleg yang akan dipilihnya. "Kami akan menyampaikan hal itu kepada partai politik," katanya.

Idham menambahkan, KPU tidak bisa begitu saja membuka daftar riwayat hidup Caleg. Dengan kata lain, harus ada izin dari Caleg.

Sebab, Pasal 17 huruf a, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, mengecualikan daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) sebagai informasi publik.

Baca juga : Warga Malaysia Siap Merayakan Idul Fitri

Jika Caleg mengizinkan KPU membuka CV, lanjut Idham, barulah KPU akan mengumumkannya pada 4 November 2023. Pengumuman CV itu dilakukan bersamaan dengan Daftar Calon Tetap (DCT).

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono mempertanyakan tujuan KPU membuka riwayat hidup Caleg. "Kalau untuk informasi Caleg, kan sudah online. Kecuali, ada kepentingan lain," katanya.

Sedangkan Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sigit Widodo mendukung KPU yang ingin mempublikasikan riwayat hidup Caleg.

Baca juga : Omongan Menag Soal Toa Masjid Dan Gonggongan Anjing Bisa Rusak Persatuan

"Masyarakat harus tahu latar belakang Caleg yang akan dipilihnya," dukung Sigit.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Dave Laksono mengenai topik ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.