Dark/Light Mode

Kuat Di Jabar, Ridwan Kamil Wara-wiri Di Bursa Cawapres

Pangi Syarwi Chaniago: Ganjar-Ridwan Kamil Prabowo-Erick Thohir

Minggu, 17 September 2023 06:30 WIB
Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga kader baru Partai Golkar, Ridwan Kamil sudah wara-wiri di bursa calon wakil presiden (Cawapres) versi berbagai lembaga survei.

Seiring itu, pria berpanggilan Kang Emil ini, kerap diajak bertemu bakal calon presiden (Capres) dan ketua umum partai politik. Misalnya, setelah bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ridwan Kamil diajak bakal Capres yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto untuk makan bersama.

Pertemuan Emil dengan Mega, dikabarkan berlangsung di Jakarta, pekan lalu. Pertemuan mereka tidak diinformasikan ke awak media.

Baca juga : Rio Prayogo: Prabowo-Ridwan Kamil Cuma Gimmick Politik

Kabar pertemuan tersebut, baru ketahuan media setelah Emil mengatakan, akan ada breaking news pekan depan atau minggu ini. 

Selang sepekan, breaking news yang disebut Emil itu, belum ada. Dia malah bertemu dengan Prabowo. Pertemuan dilakukan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Rabu (13/9) malam.

Melihat situasi itu, para pimpinan lembaga survei pun mencoba menaksir, mana yang lebih moncer, wacana duet Prabowo-Ridwan Kamil ataukah Ganjar-Ridwan Kamil?

Baca juga : Andreas Hugo Pareira: Nama-nama Itu Sedang Dipantau

Menurut Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo, Prabowo tidak terlalu membutuhkan Emil sebagai Cawapres. Karena, sama-sama kuat di Jawa Barat. Artinya, tidak saling melengkapi. Yang membutuhkan Emil, menurut Rio, adalah Ganjar.

Hal serupa dikemukakan Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago. Ia berpandangan, Prabowo cocok berduet dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Sedangkan Ganjar, cocok dengan Ridwan Kamil.

Untuk membahas hal ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Pangi Syarwi Chaniago mengenai hal ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.