Dark/Light Mode

Duet Prabowo-Gibran Ataukah Ganjar-Gibran Yang Lebih Moncer?

Pangi Syarwi Chaniago: Prabowo Dan Gibran Saling Melengkapi

Selasa, 22 Agustus 2023 06:30 WIB
Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Indonesia. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Indonesia. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Belakangan ini mencuat wacana duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo yang juga putra Presiden Jokowi.

Setelah itu, muncul pula wacana duet Ganjar Pranowo-Gibran untuk Pemilihan Presiden-Wakil (Pilpres) 2024. Yang membunyikan wacana ini adalah Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.

Menurut Puan, duet Ganjar-Gibran, bisa saja terwujud jika gugatan tentang syarat usia Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) 40 tahun, dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi 35 tahun. Sesuai dengan usia Gibran.

Baca juga : Djayadi Hanan: Basis Pemilih Ganjar Dan Gibran Sama

Seperti diketahui, syarat usia Capres-Cawapres itu digugat beberapa pihak. Antara lain, parpol yang dikenal sebagai salah satu pendukung Jokowi, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Gugatan atau uji materi ini, tengah diproses MK.

"Kalau disetujui MK, usia Cawapres di bawah 40 tahun, bisa saja Mas Gibran yang maju," kata Puan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8).

Menanggapi Puan, Gibran mengaku belum pantas. "Waduh, janganlah. Saya kan bukan siapa-siapa. Takutnya, nanti Pak Ganjar kalah gara-gara saya, kan repot. Yang senior saja," imbuhnya.

Baca juga : Mikhael Sinaga: Gibran Belum Penuhi Syarat Usia Cawapres

Gibran kembali menyinggung usianya yang belum cukup untuk menjadi Cawapres. Dalam Undang- Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, batas minimal usia Capres-Cawapres adalah 40 tahun. Sedangkan Gibran baru 35 tahun. "Umur saya nggak cukup," ucapnya.

Tapi, jika MK mengabulkan gugatan tentang syarat usia itu, bukan tidak mungkin Gibran menjadi Cawapres. Lantas, mana yang lebih moncer, duet Prabowo-Gibran ataukah Ganjar-Gibran?

Berikut wawancara dengan Direktur Eksekutif Voxpol Indonesia, Pangi Syarwi Chaniago mengenai hal tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.