Dark/Light Mode

Kuat Di Jabar, Ridwan Kamil Wara-wiri Di Bursa Cawapres

Pangi Syarwi Chaniago: Ganjar-Ridwan Kamil Prabowo-Erick Thohir

Minggu, 17 September 2023 06:30 WIB
Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Ridwan Kamil sering diajak bertemu bakal Capres dan ketua umum partai. Kenapa ya?

Itu hal yang wajar. Pertama, karena Ridwan Kamil (Kang Emil) punya basis pemilih yang jelas. Basis elektoralnya di Jawa Barat, cukup kuat.

Kedua, dia jago pencitraan. Ketiga, Kang Emil punya peluang untuk menjadi Cawapres dari segi elektabilitas secara nasional.

Apakah ada datanya?

Baca juga : Rio Prayogo: Prabowo-Ridwan Kamil Cuma Gimmick Politik

Data itu terlihat ketika Voxpol melakukan survei. Simulasi nama Cawapres yang kami tanyakan, yakni Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Ketum Demokrat AHY dan Ridwan Kamil.

Bagaimana jika dipasangkan dengan Capres?

Dalam simulasi tiga pasang Capres-Cawapres, elektabilitas Ganjar yang paling tinggi jika diduetkan dengan Ridwan Kamil. Elektabilitas Prabowo paling tinggi, jika Cawapresnya adalah Erick Thohir. 

Jika landasannya hanya elektabilitas, apa yang akan terjadi?

Baca juga : Andreas Hugo Pareira: Nama-nama Itu Sedang Dipantau

Untuk posisi Cawapres, ada kemungkinan, Ridwan Kamil ditarik PDIP untuk diduetkan dengan Ganjar. Jika ingin mendapatkan suara besar di Jawa Barat, wajar menduetkan Ganjar-Ridwan Kamil.

Bagaimana dengan Prabowo?

Prabowo lebih cocok dengan Erick Thohir. Karena, Prabowo dan Ridwan Kamil, tidak saling melengkapi. Sama-sama kuat di Jawa Barat.

Apakah situasinya sesederhana itu?

Baca juga : Romahurmuziy: Hanya PPP Yang Ajukan Cawapres

Tidak, karena ada risiko bagi Ganjar jika menggandeng Ridwan Kamil sebagai Cawapres. Suara di Jawa Timur, bisa relatif bulat untuk Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). 

Kalau PDIP mengambil Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Cawapres, minimal suaranya tidak turun dan bisa memecah suara pasangan AMIN. REN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.