Dark/Light Mode

Relawan Patah Semangat Jika Capres Jadi Cawapres

Kris Tjantra: Kami Tak Punya Opsi Ganjar Jadi Cawapres

Sabtu, 23 September 2023 06:30 WIB
Kris Tjantra, Ketua Umum Relawan Ganjarist. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Kris Tjantra, Ketua Umum Relawan Ganjarist. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Satu bulan jelang pendaftaran calon presiden (Capres)- calon wakil presiden (Cawapres) 2024, dinamika pencalonan masih liar, karena berbagai opsi masih menjadi pertimbangan partai politik.

Wacana yang ramai beberapa hari ini adalah, duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo, atau Ganjar-Prabowo untuk Pilpres 2024.

Prabowo dan Ganjar masih belum menentukan siapa tokoh yang akan diajak menjadi Cawapres. Karena alotnya penentuan Cawapres, beberapa pihak mengusulkan agar Prabowo berduet dengan Ganjar atau sebaliknya.

Baca juga : Achmad Gojali Harahap: Prabowo Unggul Dari Segala Aspek

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai, duet Ganjar-Prabowo bisa terjadi. Sebab, gabungan parpol pendukung Ganjar dan Prabowo telah melewati syarat ambang batas pencalonan presiden 20 persen. 

"Gabungan PDIP-Gerindra lebih dari 20 persen. Kalau keduanya gabung, ya secara teknis Undang-Undang (UU) berkaitan jumlah kursi, sudah jauh lebih besar," jelas Qodari, Kamis (21/9).

Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Syaiful Hidayat bilang, duet Ganjar-Prabowo, bisa saja terjadi, meski peluangnya kecil.

Baca juga : Gugatan Batas Usia Capres-Cawapres Buka Peluang Generasi Muda Memimpin Negara

"Semua kemungkinan masih bisa, ya kan," ucap Djarot, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Kamis (21/9).

Menurut Djarot, yang sulit terjadi itu jika Pilpres hanya diikuti satu pasangan calon. "Yang sulit itu adalah satu poros dan empat poros," tambahnya.

Jika peluangnya ada, bagaimana tanggapan relawan Ganjar dan relawan Prabowo mengenai wacana tersebut. 

Baca juga : Aminurrokhman: Kami Akan Dalami Dan Cermati Dulu

Ketua Umum Ganjarist, Kris Tjantra mengatakan, Capres merupakan harga mati untuk Ganjar. "Kami dari awal terbentuk untuk mendukung dan mendorong Ganjar sebagai Capres," katanya.

Sekjen Relawan Prabowo Mania 08, Achmad Gojali Harahap juga keukeuh bahwa Prabowo sebagai Capres, bukan Cawapres. 

Intinya, relawan jadi tidak semangat jika Capres yang mereka dukung, dijadikan Cawapres. Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Kris Tjantra mengenai hal ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.