Dark/Light Mode

Lebih Potensial Prabowo-Khofifah Atau Ganjar-Khofifah, Ayo Tebak...

Saidiman Ahmad: Ganjar-Khofifah Seimbang Dengan Prabowo-Khofifah

Selasa, 10 Oktober 2023 06:20 WIB
Saidiman Ahmad, Peneliti SMRC. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Saidiman Ahmad, Peneliti SMRC. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Ganjar-Khofifah ataukah Prabowo-Khofifah yang potensial menang?

Berdasarkan survei-survei sekarang, masih seimbang jika Ganjar berduet dengan Khofifah atau Prabowo-Khofifah. Prabowo dan Ganjar pun seimbang jika diduetkan dengan Mahfud MD atau Ridwan Kamil.

Apakah benar-benar seimbang?

Baca juga : Andreas Hugo Pareira: Jokowi Dukung Ganjar Pranowo

Imbang dalam pengertian di bawah margin of error. Perbedaannya masih dalam rentang margin error. Jadi, kita bisa tidak memastikan siapa yang lebih unggul di antara mereka.

Tapi, kalau dilihat dari aspek popularitasnya, yang punya peluang adalah Ganjar. Karena, popularitas Ganjar 86 persen, itu artinya masih ada 14 persen lagi. Sedangkan Prabowo sudah dikenal 100 persen, sehingga peluang Ganjar menaikkan elektabilitas, masih terbuka dibandingkan dengan Prabowo.

Bagaimana pandangan Anda mengenai wacana duet Prabowo-Khofifah?

Baca juga : Usman Tokan: Kami Akan Melangkah Lebih Kuat Dan Cepat

Idealnya, Cawapres memang seperti Khofifah atau tokoh-tokoh populer lain. Tapi, Partai Gerindra dan Prabowo membutuhkan dukungan partai lain untuk memenuhi angka presidential threshold 20 persen. Jadi, harus cermat memilih Cawapres. Jika Prabowo tidak cermat, bisa saja Golkar dan PAN membentuk koalisi baru. Jadi, ini bukan semata tentang elektabilitas.

Jika Prabowo menggandeng Khofifah, bagaimana peluangnya?

Cukup potensial, karena sejauh ini, Prabowo tidak dominan di Jawa Timur. Jadi, jika Prabowo menggandeng tokoh dari Jatim, sedikit banyak bisa menutupi kekurangan suaranya di wilayah itu. REN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.