Dark/Light Mode

Siapakah Capres Pilihan Jokowi? Lembaga Survei Beberin Analisanya

Denny JA: Jokowi Dukung Prabowo

Kamis, 19 Oktober 2023 00:52 WIB
Denny JA, Pendiri LSI Jokowi Dukung Prabowo. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Denny JA, Pendiri LSI Jokowi Dukung Prabowo. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi tidak hadir dalam acara deklarasi duet Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai calon presiden (Capres)- calon wakil presiden (Cawapres) 2024, di kantor DPP PDIP, Jakarta, kemarin.

Jokowi tidak hadir karena sedang melaksanakan kunjungan kenegaraan ke China. Ketua DPP PDIP Puan Maharani memahami alasan ketidakhadiran Jokowi. Menurutnya, tugas negara  memang lebih penting.

Saat ditanya, apakah Jokowi mendukung Ganjar-Mahfud, Puan meminta wartawan untuk menanyakannya langsung kepada Jokowi. Puan pun ingin mengetahui arah dukungan Jokowi pada Pilpres 2024.

Baca juga : Survei Ipsos: Ganjar-Sandi Tumbangkan Prabowo-Gibran

"Harusnya, tanyakan ke Pak Jokowi, bukan ke saya. Nanti tanya ya kalau Presiden sudah pulang, dukung Pak Ganjar atau yang lain," ujar Puan.

Sebenarnya, ke mana Jokowi akan melabuhkan dukungannya? Apakah mendukung Ganjar? Ataukah justru mendukung Capres lain? Dua pimpinan lembaga survei coba menerkanya.

Menurut Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, sebagai Presiden, Jokowi tidak mungkin mengucapkan secara langsung, siapa Capres yang didukungnya. 

Baca juga : Pengamat: Duet Ganjar-Yenny Mampu Tandingi Prabowo

Namun, kata Denny, langkah para relawan yang selama ini mendukung Jokowi, adalah gambaran dukungan Jokowi ke mana. "Relawan membaca gelagat Jokowi. Kini, relawan beruntun mendukung Prabowo," kata Denny JA, Selasa (17/10). 

Pandangan berbeda disampaikan Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas. Dia tidak sependapat jika langkah relawan, dicap sebagai sikap resmi Jokowi. Menurutnya, itu sikap relawan saja. 

"Yang jelas, dalam Rakernas PDIP di Kemayoran, Jokowi mendukung prioritas Ganjar untuk mewujudkan kedaulatan pangan," ujar Sirojudin kepada Rakyat Merdeka, Rabu (18/10). 

Baca juga : Andreas Hugo Pareira: Jokowi Dukung Ganjar Pranowo

Untuk membahas hal ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Denny JA.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.