Dark/Light Mode

Makna Makan Siang Tiga Capres Dengan Presiden Di Mata Relawan

Kris Tjantra: Di Politik, Tidak Ada Makan Siang Gratis

Rabu, 1 November 2023 06:25 WIB
Kris Tjantra, Ketua Umum Ganjarist. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Kris Tjantra, Ketua Umum Ganjarist. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Situasi politik menjelang Pemilu 2024 memanas. Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dan menjamu makan siang tiga Calon Presiden (Capres) 2024, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Ketiga Capres ini, satu meja makan dengan Jokowi, di Istana Kepresidenan.

Pertemuan ini mengundang berbagai spekulasi di masyarakat. Ada yang menganggap bahwa momen ini, untuk menepis anggapan Jokowi tak netral menyikapi tiga Capres pada Pilpres 2024. Ada juga yang menilai, pertemuan itu untuk menjaga agar pemilu aman dan damai.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menilai, acara makan siang itu menjadi langkah positif untuk mengokohkan fondasi politik agar tidak ada pembelahan dan benturan mendasar dalam kontestasi ini.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Adakan Senam Bersama Ribuan Warga Kutai Kartanegara

Direktur Eksekutif IndoStrategic ini menilai, pertemuan itu bisa menjadi diplomasi politik Jokowi. Menurutnya, makan bersama ini bertujuan menepis isu yang mengesankan Jokowi tidak netral.

Senada, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan, makan siang antara Presiden Jokowi dengan tiga Calon Presiden ini, menunjukkan kenetralan.

“Yang paling penting apa kesimpulannya, Presiden beserta seluruh aparatur negara harus netral dan tidak berpihak kepada satu pun peserta Pemilu,” ujarnya.

Baca juga : Ganjar Makin Kuat Di Daerah, Relawan Terus Deklarasikan Dukungan

Lalu, bagaimana tanggapan relawan masing-masing Capres. Relawan Ganjar menilai, pertemuan itu syarat dengan kepentingan politik. “Di dalam politik, tidak ada makan siang gratis,” ujar Ketua Umum Ganjarist, Kris Tjantra, curiga.

Ketua Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer meminta agar relawan Ganjar tidak berpikir negatif. “Jangan langsung curiga-curiga terus. Santai saja dan riang gembira,” ajaknya.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Kris Tjantra dan Immanuel Ebenezer soal pertemuan tiga Capres dengan Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.