Dark/Light Mode

Pantaskah Biaya Haji 2024 Naik?

Jhon Kennedy Aziz: Kami Menolak Biaya Haji Capai 105 Juta

Rabu, 15 November 2023 00:40 WIB
Jhon Kennedy Aziz, Anggota Komisi VIII DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Jhon Kennedy Aziz, Anggota Komisi VIII DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Bagaimana pandangan Anda mengenai usul kanaikan biaya haji 2024?

Pertama, saya dan Partai Golkar menolak usulan biaya haji yang disampaikan  Kemenag. Dengan tegas, saya menolak jika biaya haji Rp 105 juta.

Apakah kenaikan itu sangat tinggi, sehingga Anda menolak?

Yang perlu diketahui, ada kenaikan sekitar 15 persen atau Rp 15.044.000 dibandingkan dengan tahun 2023. Tahun 2023 sebesar Rp 90 juta. Tahun 2024, sebesar Rp 105 juta. Saya meyakini, banyak jamaah haji yang tidak sanggup untuk membayar biaya sebesar itu.

Baca juga : Firman M Nur: Usul Kenaikan Biaya Akibat Perubahan Kurs

Kenapa?

Karena, haji reguler ini pesertanya adalah masyarakat paling bawah, yang pensiunan, pedagang UMKM. Bahkan, buruh tani yang mengumpulkan seperak dua perak supaya berangkat haji.

Bahkan, ada yang menjual rumahnya untuk berangkat haji. Ada yang menjual tanahnya juga. Jadi, dengan berpandangan demikian, saya dan Partai Golkar menolak untuk kenaikan biaya haji.

Tapi, Kemenag menjelaskan bahwa kenaikan biaya ini karena kurs naik. Gimana tuh?

Baca juga : Biaya Haji 2024 Naik Lagi, Berikut Info Embarkasi Dan Kuota Haji Terbaru

Memang kita tidak munafik bahwa biaya haji itu ditentukan nilai rupiah terhadap dolar. Sekarang ini kan naik, nilai rata-rata rupiah per dollar itu RP 15.700. Pada tahun 2023, nilai dolar itu Rp 15.200. Nilai tukar real terhadap rupiah sekarang Rp 4.300, dulu 4.000 ribu. Kalau ada kenaikan, ya  tidak banyak.

Berapa idealnya?

Mungkin, idealnya dari Rp 90 juta menjadi 93 juta atau 94 juta. Jadi, idealnya kalau ada kenaikan nilai dolar, paling kenaikannya 2 persen. Jadi, biaya haji Rp 93 juta. Masih fair. 

Lagian, kalaupun ada kenaikan, tidak lebih dari 15 persen. Apalagi, jika kenaikannya tidak dibarengi dengan peningkatan fasilitasnya, makanannya juga.

Baca juga : Mardiono Buka Latihan Kepemimpinan Kader Di Yogyakarta

Bagaimana catatan Anda selama ini?

Selama ini, harga naik tapi tidak ada pelayanan yang signifikan terhadap kenaikan harga itu. REN 

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 15 November 2023 dengan judul "Pantaskah Biaya Haji 2024 Naik?, Jhon Kennedy Aziz: Kami Menolak Biaya Haji Capai 105 Juta"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.