Dark/Light Mode

Pemerintah Tunda Haji 2020, Demokrat Ngademin Hati Rakyat

Rabu, 3 Juni 2020 15:05 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto : twitter@AgusYudhoyono)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto : twitter@AgusYudhoyono)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendoakan agar jamaah haji yang tertunda ibadahnya tahun ini tetap sabar.

Tahun ini, pemerintah menegaskan tidak ada pemberangkatan jamaah haji karena terkendala wabah virus corona.

Baca juga : 2020 Lumayan Gila

“Kepada para calon haji yang ibadahnya tertunda tahun ini, semoga diberikan kekuatan untuk tetap tawakal dan sabar. Niat beribadah tak ada yang sia-sia, Insya Allah semuanya akan diberikan waktu yang terbaik. Amin,” ujar AHY melalui pernyataan tertulis kepada RMco.id, Rabu (3/6).

Tidak hanya AHY, sang adik yaitu Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas juga mencoba menenangkan rakyat. Melalui akun Twitter miliknya, @Edhie_Baskoro, Waketum Demokrat ini menyebut kesehatan dan keselamatan adalah faktor utama.

Baca juga : Pemerintah Harus Aktif Kampanye Lawan Diskriminasi Sawit Oleh Eropa

“Pastikan Jemaah Haji “well informed” semuanya. Bahwa kesehatan dan keselamatan yang utama serta biaya tidak menjadi bengkak di tahun selanjutnya. Tetap itu hak mereka yang berangkat selanjutnya,” cuitnya. 

Sebelumnya, Menag Fachrul Razi mengumumkan pemerintah tidak akan memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2020 atau 1441 Hijriah.

Baca juga : Pemerintah dan MUI Satu Suara Shalat Id Di Rumah

Tidak diberangkatkan jamaah haji, karena pihak Pemerintah Arab Saudi juga tidak membuka akses. “Pihak Arab Saudi tidak kunjung membuka akses bagi jamaah haji dari negara mana pun, akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jamaah,” jelasnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.