Dark/Light Mode

Usul Pembentukan Panja Netralitas Polri Jadi Perdebatan Komisi III DPR

I Wayan Sudirta: Pembuatan Panja Tak Mesti Ada Kesalahan

Jumat, 17 November 2023 04:30 WIB
I Wayan Sudirta, Anggota Komisi III DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
I Wayan Sudirta, Anggota Komisi III DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang Pemilu 2024, Fraksi PDIP DPR mengusulkan pembentukan Panitia Kerja (Panja) Netralitas Polri.

Yang mengusulkan adalah Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan. Dia mengusulkan itu dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Ruang Rapat Komisi III DPR, Rabu (15/11/2023).

Menurut Trimedya, Panja ini penting untuk menjaga komitmen anggota Polri tidak berpolitik praktis.

Baca juga : Bobby Adhityo Rizaldi: Belum Perlu DPR Membentuk Panja

"Saudara Ketua, kami mengusulkan membuat Panja Pengawasan Netralitas Polri," katanya.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Muhamad Fadil Imran menyerahkan usulan Trimedya itu ke Komisi III DPR. “Itu urusan internal Komisi III, bukan kami,” kata Fadil di Gedung DPR.

Usulan pembentukan Panja Netralitas Polri menjadi perdebatan di Komisi III DPR. Ada yang mendukung, ada juga yang menolak.

Baca juga : TB Hasanuddin: Panja Ini Supaya TNI Tetap Netral

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PAN Syarifuddin Sudding menolak pembentukan Panja itu. Menurutnya, usulan itu hanya didasarkan pada asumsi, tidak didasarkan pada bukti-bukti konkret. "Pembentukan Panja itu tidak perlu," tandasnya.

Namun, menurut Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP I Wayan Sudirta, pembentukan Panja tidak mesti ada kesalahan. "Panja berbeda dengan Pansus (Panitia Khusus)," tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto mengusulkan pembentukan Panja Netralitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Pemilu 2024.

Baca juga : Relawan Ganjar Creasi Gelar Pelatihan Pembuatan Insektisida Alami

Hal tersebut disampaikan Utut dalam rapat kerja Komisi I DPR bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Selasa (7/11/2023).

“Kalau berkenan menjaga marwah DPR, buatlah Panja Netralitas TNI. Sembari menjalani kesibukan sebagai Caleg, kita membuat pengawasan,” ujar Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Kembali ke pembahasan tentang Panja Netralitas Polri, berikut wawancara dengan I Wayan Sudirta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.