Dark/Light Mode

Usul Pembentukan Panja Netralitas TNI Memantik Pro Kontra Di Senayan

TB Hasanuddin: Panja Ini Supaya TNI Tetap Netral

Minggu, 12 November 2023 06:02 WIB
TB Hasanuddin, Anggota Komisi I DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
TB Hasanuddin, Anggota Komisi I DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Netralitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Pemilu 2024, dipertanyakan Wakil Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto. 

Untuk itu, Utut mengusulkan pembentukan Panitia Kerja (Panja) Netralitas TNI menjelang Pemilu 2024. 

Hal tersebut disampaikan Utut dalam rapat kerja Komisi I DPR bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Selasa (7/11). Rapat ini membahas pengamanan Pemilu 2024.

Baca juga : Bobby Adhityo Rizaldi: Belum Perlu DPR Membentuk Panja

“Kalau berkenan menjaga marwah DPR, buatlah Panja Netralitas TNI. Sembari menjalani kesibukan sebagai Caleg, kita membuat pengawasan,” ujar Utut di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Di depan Panglima TNI, Utut mengingatkan bahwa Presiden merupakan pemimpin tertinggi TNI. Utut mengaku khawatir, jika ada perintah terhadap pimpinan TNI, untuk cawe-cawe pada Pemilu 2024.

“Yang paling sulit bagi Kepala Staf dan Panglima, kalau Presiden merintah. Tentara tegak lurus kepada atasan. TNI selama ini netral. Panglima TNI bosnya siapa? Presiden. Presiden sebagai panglima tertinggi bilang A, sanggup tidak bapak menolak, kalau perintahnya melawan hukum?” katanya.

Baca juga : Banteng Senayan Ngasah Tanduk

Usul tentang Panja Netralitas TNI, menjadi pro kontra. Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP, Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin juga khawatir jika TNI tidak netral. Sehingga, menurutnya, Panja Netralitas TNI itu dibutuhkan.

Salah satu indikasi kekhawatiran Hasanuddin adalah, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru diangkat, dalam beberapa hari, jadi calon Panglima TNI. Hal itu disampaikan Hasanuddin, Sabtu (11/11).

Sedangkan menurut Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, tidak ada indikasi TNI tidak netral. “Kalau calon Panglima dekat dengan Presiden, kan tidak ada hubungan keluarga,” ucapnya.

Baca juga : Soal Dugaan Pelanggaran Netralitas Kepala Daerah, Gibran: Saya Ikut Aturan

Berikut wawancara dengan TB Hasanuddin mengenai usul tentang pembentukan Panja tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.