Dark/Light Mode

Jabatan Gubernur Jakarta Baiknya Ditunjuk Presiden Atau Via Pilkada?

Achmad Baidowi: PPP Usul Gubernur Jakarta Dipilih DPRD

Kamis, 7 Desember 2023 06:20 WIB
Achmad Baidowi, Wakil Ketua Baleg DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Achmad Baidowi, Wakil Ketua Baleg DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Dalam draf RUU DKJ, Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta dipilih Presiden ya...

Itu baru usulan dari Baleg DPR yang disetujui seluruh fraksi dengan catatan, kecuali PKS yang menolak. Waktu itu ada keinginan, karena Jakarta daerah khusus, harus diberikan kekhususan. 

Apa kekhususannya?

Khususnya di bidang pemerintahan. Namanya juga daerah khusus, sebagaimana yang diatur dalam konstitusi kita, Pasal 18b, bahwa negara mengakui satuan daerah yang bersifat khusus dan istimewa.

Baca juga : Presiden: Jangan Gambling Pada Yang Tidak Kita Yakini

Nah, kekhususan yang diberikan itu adalah, sistem pemerintahannya. Ada yang menginginkan sistem pemerintahannya langsung ditunjuk Presiden.

Bagaimana sikap PPP?

Kami dari PPP mengingatkan, sebagai daerah otonom, pengisian kepala daerahnya dipilih secara demokratis. Kalau dipilih demokratis, maka, harus ada nuansa demokratisnya. Demokratisnya, Gubernur diusulkan DPRD. 

Apakah itu demokratis?

Baca juga : Kemendagri: Achmad Marzuki Sudah Pensiun Dini Dari TNI

Demokratis itu, tidak harus melalui pemilihan langsung. Demokratis bisa pemilihan tidak langsung. 

Ada juga provinsi yang gubernurnya tidak melalui pemilihan langsung, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Karena, statusnya istimewa.

Kenapa PPP mengusulkan Gubernur Jakarta dipilih DPRD?

Itu kan jalan tengah. Sebab, ada keinginan agar Gubernur Jakarta ditunjuk Presiden. Kami jembatani, Gubernur diusulkan melalui DPRD. Akan didiskusikan bersama Pemerintah pada saatnya nanti.

Baca juga : Pasar Gembrong Jakarta Timur Kebakaran

Bagaimana Anda menanggapi penolakan terhadap usulan ini?

Ketidaksetujuan, merupakan hal yang biasa. Kalau setuju semua, bukan demokrasi namanya. Protes masyarakat merupakan hal yang wajar.

Kita masih mempunyai waktu untuk melakukan pembahasan bersama Pemerintah. Kalau ada yang menolak atau menyampaikan aspirasi, silakan saja. Nanti akan diputuskan ketika pembahasan. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 7 Desember 2023 dengan judul "Jabatan Gubernur Jakarta Baiknya Ditunjuk Presiden Atau Via Pilkada?, Achmad Baidowi: PPP Usul Gubernur Jakarta Dipilih DPRD"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.