Dark/Light Mode

Wacana Koalisi Capres 01 Dengan 03 Makin Santer

Muhammad Ramli Rahim: Upaya Berkoalisi Pasti Dilakukan

Senin, 15 Januari 2024 06:30 WIB
Muhammad Ramli Rahim, Juru Bicara AMIN. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Muhammad Ramli Rahim, Juru Bicara AMIN. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Ada peluang Pilpres terjadi dua putaran. Apakah Timnas AMIN membuka diri untuk berkoalisi dengan koalisi Paslon lain?

Soal membuka diri dengan kubu lain, itu sangat memungkinkan. Apalagi, Pilpres ini hampir pasti dua putaran. Ketika masuk putaran kedua, pasti upaya koalisi akan dilakukan. Karena, koalisi ini kan penting untuk pemenangan.

Dengan Paslon yang mana?

Bisa dengan Ganjar-Mahfud MD. Koalisi dengan Prabowo-Gibran bisa juga terjadi. Siapa yang bisa jamin akan lolos ke putaran kedua. Siapa tahu yang lolos ke putaran kedua adalah Anies- Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud.

Baca juga : Muhammad Ramli Rahim: Tak Ada Yang Menang Dalam Satu Putaran

Apakah kubu Anda akan me­milah partai yang bisa bergabung dengan koalisi AMIN?

Kami belum bisa memastikan hal itu. Di putaran kedua, tidak menutup kemungkinan, komunikasi politik terjadi pada partai yang juga lolos ke putaran kedua.

Komunikasi dengan partai-partai baik ya?

Ada partai-partai yang cukup cair ya. Bisa melihat peluang kemenangan dan kalau itu terjadi, menurut saya itu hal yang biasa dalam politik di Indonesia.

Baca juga : Debat Cawapres, Gibran Yakin Indonesia Jadi Raja Energi Hijau Dunia

Partai apa misalnya?

Ya, seperti halnya Partai Golkar yang selalu bergabung dengan pemenang Pilpres. Mungkin saja Partai Golkar melihat bahwa bergabung dengan AMIN lebih berpeluang untuk menang pada putaran kedua. Saya kira tidak ada hal yang mustahil.

Bagaimana sikap relawan Anies melihat peluang ke putaran kedua?

Bagi relawan, satu putaran atau dua putaran, tidak masalah. Yang penting, menang. Kalau kita lihat peta politiknya, sangat kecil kemungkinan terjadi Pilpres satu putaran.

Baca juga : Ganjar Siap Turunkan Harga Sembako, Ahmad Rofiq: Pemimpin Yang Bisa Diandalkan

Ketimbang menghabiskan energi untuk satu putaran, mending kami menyiapkan diri untuk putaran kedua. Karena, di putaran kedua akan lebih sengit dibanding putaran pertama.

Hasil survei Indonesia Political Opinion menunjukkan kenaikan elektabilitas AMIN, dan hanya ber­jarak sekitar 7 persen dari Prabowo- Gibran. Apakah Timnas AMIN menargetkan Pilpres satu putaran?

Bisa saja 01 menang satu putaran. Tapi, ikuti saja perkembangannya. NNM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 15 Januari 2024 dengan judul "Wacana Koalisi Capres 01 Dengan 03 Makin Santer, Muhammad Ramli Rahim: Upaya Berkoalisi Pasti Dilakukan"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.