Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Siap Turunkan Harga Sembako, Ahmad Rofiq: Pemimpin Yang Bisa Diandalkan

Rabu, 20 Desember 2023 16:11 WIB
Capres Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Capres Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo telah menyiapkan tiga strategi untuk menurunkan harga bahan pokok. Strategi itu sebenarnya telah berhasil diterapkan saat ia menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode. 

Ganjar telah berkeliling dan blusukan ke pasar tradisional di berbagai daerah di Indonesia. Ia kerap mendapat keluhan soal naik-turun harga bahan pokok. 

Di sisi lain, petani yang memproduksi bahan baku mengalami banyak kendala, terutama pupuk. Sehingga, program yang telah sukses di Jawa Tengah akan diterapkan di tingkat nasional. 

Saat ditemui di acara konsolidasi relawan pemenangan di Kepil, Wonosobo, Senin (18/12/2023), Ganjar mengungkapkan, strategi itu yang pertama adalah data. Pemerintah harus memiliki satu data pertanian Indonesia. 

Baca juga : Ganjar Pranowo, Sosok Yang Memiliki Semangat Dan Jiwa Kepemimpinan

"Yang pertama, kedataan, lahan petani dan petaninya. Maka dengan sistem pendataan yang baik atau satu data pertanian Indonesia, insyaallah akan mempermudah dalam pengelolaan ketahanan sampai kedaulatan pangan kita," ujarnya. 

Kedua, peta komoditas Indonesia. Karena keberagaman komoditas sangat dibutuhkan agar tidak terfokus dalam satu jenis makanan yang diproduksi. 

"Maka saya katakan, yuk kita kembali pada kekuatan lokal. Maka kalau terdata dengan baik input dan output sudah terlihat, baru kita akan bicara kuantitas berapa yang bisa diproduksi sesuai dengan kebutuhan penduduk," lanjutnya. 

Nah, jika produksi pertanian melebihi angka kebutuhan, maka pemerintah bisa mengekspor ke negara yang membutuhkan. "Sampai kemudian kalau sisa bisa diekspor," paparnya. 

Baca juga : Alam Ganjar Tampung Curhatan Dan Aspirasi Petani Dan Peternak Di Tabanan Bali

Pria berambut putih itu menambahkan, tak kalah penting yang ketiga adalah pemerintah harus menyediakan bantuan sarana produksi (Saprodi) dan sarana produksi pertanian (Saprotan) kepada petani. 

Menurut Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ahmad Rofiq, rakyat Jawa Tengah sudah mengetahui bahwa suami dari Siti Atikoh itu adalah pemimpin yang bisa diandalkan. "Rakyat Jawa Tengah sudah sangat tahu bahwa dia pemimpin yang sangat bisa diandalkan untuk memajukan republik ini karena rekam jejaknya sangat baik," ucap Rofiq.

Begitu pula dari sisi sosok Ganjar, sifat dan perilaku dari kultur Jawa yang kental di dalam diri Ganjar juga diyakini membuatnya sangat akrab dan lebih dekat dengan masyarakat setempat. Ahmad menilai, nilai-nilai budaya tersebut tercermin dari kepribadian Ganjar.

"Mas Ganjar lahir dan besar dalam kultur Jawa yang sangat kuat, apalagi ditopang dengan pendidikan tinggi yang sangat baik," ujar Sekjen Partai Perindo itu.

Baca juga : Prabowo: Tujuan Semua Pemimpin Ingin Rakyatnya Hidup Sejahtera

"Tentu nilai-nilai budaya yang begitu kuat tercermin dalam perilaku, tutur kata, dan berpolitik dengan santun dan mendahulukan rakyat sebagai tujuan pengabdiannya. Maka, muncul slogan 'tuanku ya rakyat'," kata Rofiq.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.