Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Partai Pengusung 01 Dan 03 Diramal Gabung Ke Prabowo

Adi Prayitno: Cuma PDIP Dan PKS Yang Siap Beroposisi

Senin, 1 April 2024 07:40 WIB
Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai politik pengusung Calon Presiden-Calon Wakil Presiden yang kalah, masih belum pasti akan berada di mana Apakah yang kalah akan bergabung dengan yang menang? Atau memilih menjadi oposisi? 

Yang jelas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Saat ini, sidang Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK). Terlepas dari itu, apakah partai sudah merancang peta politik mereka selanjutnya? 

Baca juga : Diduga Ditekan, Tim Hukum Paslon 03 Ngeluh Kesulitan

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan, semua partai sedang fokus menghadapi PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut dia, peta koalisi partai politik masih dinamis. 

"Saat ini, semua energi partai difokuskan untuk proses gugatan di MK. Semua kemungkinan masih bisa terjadi," ujar Andreas melalui pesan singkat kepada Rakyat Merdeka, Minggu (31/3/2024). 

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Iqbal juga bicara hal yang sama. "Semua tergantung putusan MK," ucap Iqbal, Minggu (31/3).

Baca juga : Petani Terima Kasih Ke Mentan

Founder Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio menilai, semua kemungkinan masih bisa terjadi terkait peta koalisi ke depannya. 

Menurut dia, akan ada partai pengusung Paslon 01 dan 03 yang masuk ke Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Sementara itu, Direktur Eksekutif Paramater Politik Indonesia, Adi Prayitno menyatakan, semua partai akan masuk dalam kabinet selanjutnya. Namun, untuk PDIP dan PKS, masih menunggu waktu satu atau dua tahun lagi. 

Baca juga : Netizen Pro Terapkan TPPU

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Adi Prayitno.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.