Dark/Light Mode

Tokoh Sumut Dukung Suhendra Jadi Kepala BIN

Jumat, 8 November 2019 20:30 WIB
Istana Kesultanan Deli, Maimun, di Medan, tempat Presiden Jokowi menerima gelar bangsawan dari Kesultanan Deli, dengan gelar Tuanku Seri Indra Utama Junjungan Negeri, yang dihadiri para tokoh masyarakat Sumatera Utara, Minggu (7/10). (Foto: Istimewa)
Istana Kesultanan Deli, Maimun, di Medan, tempat Presiden Jokowi menerima gelar bangsawan dari Kesultanan Deli, dengan gelar Tuanku Seri Indra Utama Junjungan Negeri, yang dihadiri para tokoh masyarakat Sumatera Utara, Minggu (7/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Sumatera Utara (Formapsu) meminta Presiden Joko Widodo mengangkat Suhendra Hadikuntono sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Ormas yang semasa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu sebagai bagian dari relawan pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin ini antara lain terdiri atas Lembaga Peduli Bangsa, Angkatan Pemuda Batak Indonesia (AMBI), Koalisi Masyarakat Medan (Komad), Laskar Joko Tingkir, Pemberdayaan Masyarakat Madani, Rumah Sahabat Da'i Sumut, Pejuang Islam Nusantara (PIN) Sumut, Lembaga Independen Pencari Keadilan (LIPK) Asosiasi Pedagang Buku Medan, dan Paguyuban Anak Muda Tionghoa (PAMT) Sumut.

Dalam rilis yang diterima RMco.id, Jumat (8/11), Suhendra Hadikuntono yang merupakan tokoh kelahiran Sumut itu sangat layak menduduki jabatan Kepala BIN,mengingat track records atau rekam jejaknya yang sangat humanis dalam membantu pemerintah menyelesaikan berbagai masalah.

Baca juga : Dirut KAI Dukung Penuh Proyek Kereta Cepat

"Sudah saatnya Kepala BIN dari sipil. Selama ini BIN dipimpin oleh tentara atau polisi. Diharapkan dalam kegiatan intelijen nantinya akan lebih humanis," kata Samin Pane, Penasihat Organisasi Rumah Sahabat Da'i Sumut.

Hal senada disampaikan Agus Rijal, Ketua Pejuang Islam Nusantara (PIN) Sumut. "Bila Suhendra nantinya ditunjuk sebagai Kepala BIN, ini merupakan bagian dari bangkitnya supremasi sipil, dan kita yakin beliau pasti lebih mengedepankan pola pendekatan kesejahtraan daripada pendekatan keamanan dalam operasi intelijennya," jelas dia.

Koordinator Forum Masyarakat Peduli Sumut Awaluddin Matondang menambahkan,organisasi yang tergabung dalam Formapsu selama ini telah mendukung penuh pemerintahan Jokowi,sejak periode pertama hingga kini.

Baca juga : Jokowi Dukung Penuh Pengembangan Startup di Papua

"Tentu dukungan kepada Bapak Suhendra agar dipilih sebagai Kepala BIN sangat beralasan.Keterlibatan beliau dalam meredam kemarahan rakyat Aceh, akibat pemanggilan Muzakir Manaf, mantan Panglima GAM oleh Komnas HAM, patut diberikan acungan jempol.

Suhendra mampu meredam tensi politik Aceh. Visi beliau untuk ke-Indonesiaan juga tidak diragukan. Tidak hanya Aceh, bumi Papua juga tidak luput dari perhatiannya.

Gagasan program 'Memeluk Papua dengan Sepak bola' guna meredam gejolak di tanah Papua,membuktikan Suhendra memiliki naluri kemanusian yang tinggi dalam menyelesaikan konflik.

Baca juga : Pencegahan Stunting Butuh Peran Kepala Daerah

"Kami rakyat Sumut meminta kepada Bapak Presiden agar segera menggangkat putra terbaik Sumut kebanggaan kami," pungkas Awaluddin. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.