Dark/Light Mode

Di Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Akankah Khofifah-Emil Dardak Melawan Kotak Kosong

Herman Khaeron: Dalam Politik Semua Serba Mungkin

Sabtu, 25 Mei 2024 07:40 WIB
Herman Khaeron, Ketua DPP Partai Demokrat. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Herman Khaeron, Ketua DPP Partai Demokrat. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka -  Peta politik menjelang Pilkada Jawa Timur (Jatim) menarik untuk disimak. Utamanya, siapa yang akan menjadi lawan tanding bagi duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

Pertanyaan itu muncul, mengingat dukungan untuk Khofifah-Emil, terus mengalir dari partai politik. Setidaknya, sudah ada lima parpol yang  mendukung Khofifah-Emil. Yakni, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN dan Perindo.

Meski sudah memenuhi syarat dukungan untuk menjadi Calon Gubernur,  Khofifah terus menjalin komunikasi dengan semua partai politik, guna menghadapi Pilkada, 27 November 2024.

Baca juga : Gawat, Cuma 69 % Bus Pariwisata Layak Jalan

"Dengan PDIP, kami sudah berkomunikasi. Dengan Nasdem, belum. Soal waktu saja," ujar Khofifah usai menerima surat dukungan dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di Kantor DPP Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024).

Khofifah menjelaskan, pihaknya membagi komunikasi dalam klaster-klaster prioritas. "Ada klaster yang sudah memberikan dukungan. Ada klaster yang sudah membangun komunikasi. Klaster berikutnya, yang belum terbangun komunikasinya," kata dia.

Jika semua partai mau mendukung Khofifah, maka Khofifah-Emil akan melawan kotak kosong di Pemilihan Gubernur-Wakil gubernur (Pilgub) Jawa Timur.

Baca juga : Banteng Kunci Kader Topnya

Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengamini adanya potensi calon tunggal, atau Khofifah-Emil melawan kotak kosong di Pilkada Jatim. "Dalam politik, semuanya serba mungkin," ujarnya.

Tapi, apakah PKB rela begitu saja? Sebagai partai pemenang Pemilu Legislatif 2024 di Jatim, PKB akan sekuat tenaga mencari lawan tanding yang pas bagi Khofifah.  

"Oh, tidak itu. Tidak mungkin ada calon tunggal di Jatim. Saya kira, tidak sampai segitunya, sampai ada krisis calon pemimpin di Jatim," ujarnya.

Baca juga : PKS Masih Kepincut Anies

Untuk lebih lengkapnya, berikut wawancara dengan Herman Khaeron mengenai Pilkada Jatim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.