Dark/Light Mode

Di Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Akankah Khofifah-Emil Dardak Melawan Kotak Kosong

Herman Khaeron: Dalam Politik Semua Serba Mungkin

Sabtu, 25 Mei 2024 07:40 WIB
Herman Khaeron, Ketua DPP Partai Demokrat. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Herman Khaeron, Ketua DPP Partai Demokrat. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Apakah ada potensi Khofifah-Emil Dardak akan melawan kotak kosong dalam Pilgub Jatim 2024?

Dalam politik, semuanya  serba mungkin.

Kenapa begitu?

Karena, hitung-hitungan politik dan hasil survei menunjukkan, elektabilitas dan popularitas Khofifah tidak bisa ditandingi. Mau tidak mau, partai-partai akan berpikir dua kali untuk mengusung kandidat yang berbeda.

Sehingga, paling mungkin adalah ikut mendukung kandidat yang sangat kuat. Kemudian, dalam Pilkada Jatim, Khofifah bisa melawan kotak kosong.

Baca juga : Gawat, Cuma 69 % Bus Pariwisata Layak Jalan

Menurut Anda, Khofifah sangat kuat?

Sejauh ini, Khofifah-Emil memang berhasil membawa Jatim sebagai salah satu provinsi yang maju. Hal ini berdasarkan fakta bahwa mereka mampu menyejahterakan rakyat Jatim, lalu menurunkan tingkat kemiskinan. Bahkan, pertumbuhannya di atas rata-rata nasional.

Oleh karenanya, duet ini cocok untuk dilanjutkan. Kebetulan, Khofifah dan Emil mempunyai pandangan yang sama, sehingga sepakat untuk melanjutkan kepemimpinan mereka pada periode kedua.

Hal itu juga yang membuat Demokrat akan mengusung Khofifah-Emil?

Kami dari awal memang ingin melanjutkan kepemimpinan Khofifah dan Emil di Jatim. Karenanya, Demokrat sejak awal sudah mengeluarkan surat tugas Khofifah-Emil.

Baca juga : Banteng Kunci Kader Topnya

Koalisi Indonesia Maju (KIM) kompak, ya untuk mengusung duet ini?

Harapan kami, KIM kompak berada di kubu Khofifah-Emil. Partai Gerindra, Golkar sudah mengeluarkan rekomendasi, PAN juga demikian. Kita masih menunggu yang lain.

Tapi, PKB mau mengusung jagoannya. Bukan Khofifah. Tanggapan Anda?

Kabarnya begitu, PKB sudah menimbang untuk memunculkan kandidat lain.

Infonya, PKB ingin mengusung kiai Marzuki Mustamar. Pendapat Anda?

Baca juga : PKS Masih Kepincut Anies

Ya, bisa saja terjadi. PKB kan mempunyai suara yang besar di Jatim dan memiliki kans untuk berkontestasi dan mengusung kandidatnya. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Sabtu, 25 Mei 2024 dengan judul "Di Pemilihan Gubernur Jawa Timur, Akankah Khofifah-Emil Dardak Melawan Kotak Kosong, Herman Khaeron: Dalam Politik Semua Serba Mungkin"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.