Dark/Light Mode

PDIP Dan PKB Buka Kemungkinan Usung Anies Di Pilgub Jakarta

Aryo Seno Bagaskoro: Kami Biasa Pake Instrumen Ilmiah

Senin, 10 Juni 2024 07:40 WIB
Aryo Seno Bagaskoro, Jubir Tim Pemenangan Pilkada PDIP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Aryo Seno Bagaskoro, Jubir Tim Pemenangan Pilkada PDIP. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP membuka peluang mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. 

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, hal itu terkait kemungkinan PDIP bekerja sama dengan PKB.

"Kemungkinan kami akan melakukan kerja sama politik dalam Pilkada Jakarta, kalau PKB mengusung Pak Anies," ujarnya, di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh Nomor 9, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2024).

Baca juga : Atlet Olimpiade Mengecewakan

Basarah mengatakan, saat ini PDIP perlu bekerja sama dengan partai-partai politik lain, untuk mengusung calon kepala daerah. 

Menurutnya, saat kerja sama politik antar kedua partai ini terjadi, kemungkinan besar calon wakil gubernur pasangan Anies, akan berasal dari PDIP.

Tetapi, lanjut Basarah, belum ada keputusan final. Masih banyak tahapan komunikasi yang harus dilakukan antar partai yang akan bekerja sama.

Baca juga : PDIP Buka Komunikasi Dengan Semua Parpol

"Pembahasan mengenai Pilkada Jakarta dan Pilkada di tempat lain, masih proses pengerucutan. Belum sampai kesimpulan, apalagi keputusan," ujarnya. 

Juru Bicara Pemenangan Pilkada PDIP Aryo Seno Bagaskoro mengatakan, Pilkada Serentak 2024 adalah momentum politik yang penting, termasuk Jakarta. 

Dia pun menyebut Anies sebagai sosok yang layak diperhitungkan untuk Pilgub Jakarta. "Tidak dapat dipungkiri, dalam berbagai survei, ada nama dari calon eksternal yang layak masuk pertimbangan," ucap Seno. 

Baca juga : Basuki: Persiapannya Sudah Mencapai 90%

Lalu, bagaimana sikap Partai NasDem yang disebut-sebut juga akan mengusung Anies di Pilgub Jakarta?

Menurut Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago, tidak ada masalah jika PDIP dan PKB ingin berkoalisi mengusung Anies di Pilgub Jakarta. "Alhamdulillah kalau sudah daftar ke PKB. NasDem akan dukung Anies jika benar mau ikut Pilgub," tutur Irma. 

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Aryo Seno Bagaskoro. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.