Dark/Light Mode

Kejar Target Upacara 17 Agustus Di IKN

Basuki: Persiapannya Sudah Mencapai 90%

Senin, 10 Juni 2024 07:25 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Ke­pala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)
Pelaksana Tugas (Plt) Ke­pala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengebut persiapan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia, yang akan dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Banyak hal dikerjakan agar upacara pengingatan 17 Agustus bisa berlangsung khidmat.

Pelaksana Tugas (Plt) Ke­pala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengatakan, persiapan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Re­publik Indonesia di IKN sudah 90 persen.

Menurutnya, perkembangan persiapan pelaksanaan upacara terus dipantau, bahkan Presiden Jokowi berencana bertolak ke IKN untuk melihat secara lang­sung persiapan upacara di sana.

Baca juga : PDIP Dorong Nikson Dan Edy Ke Jakarta

“Semua sudah siap. Pang­gungnya kayak apa, tendanya kayak apa, supaya kelihatan Istana dan Kantor Presiden, bagaimana tata urutannya, Insya Allah sudah siap,” ujar Pak Bas-sapaan Basuki Hadimuljono di Jakarta, Jum’at (7/6/2024).

Saat ini, pihaknya tengah mengejar target finalisasi rumah susun (rusun) bagi Pasukan Pengaman Presiden (Paspam­pres) dan Aparatur Sipil Negara (ASN), yang akan melakukan upacara di IKN. Targetnya, proses furnished rusun yang akan digunakan sebagai tempat menginap peserta upacara, rampung pada Juli hingga awal Agustus.

Khusus untuk RI 1, lanjut Basuki, Presiden berencana bermalam di Istana Negara IKN.

Baca juga : Proyek Tol Trans Sumatera Mesti Segera Dituntaskan

“Istana Presiden sudah selesai. Semua logistik jumlahnya se­dang dihitung berapa pesertanya, karena itu menyambut akomo­dasi, catering. Tapi, semua sudah bisa dinyatakan siap,” jelas dia.

Terpisah, Penjabat (Pj) Gu­bernur Kalimantan Timur (Kal­tim) Akmal Malik mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah mengantisipasi lonjakan kehadiran tamu undangan, yang akan hadir di acara upacara HUT ke-79 RI di IKN.

Dia juga telah menginstruk­sikan Dinas Perhubungan (Di­shub) Kaltim dan Pemerintah Kabupaten/Kota menyiapkan jalan anternatif dan transportasi menuju IKN.

Baca juga : Parkir Liar Bertahun-tahun Nggak Tersentuh Aparatur

“Selain jalur utama, kami usa­hakan ada jalan alternatif yang memotong perjalanan langsung ke IKN. Kami mempersiapkan juga alternatif, seperti jalur laut, tidak sekadar mengandalkan jalur transportasi darat,” ujarnya.

Selain jalur darat dan laut, Ak­mal juga meminta dua bandara di Kaltim, yaitu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan dan Bandara APT Pranoto Samarinda, dipersiapkan untuk melayani penerbangan para tamu luar daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.