Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

FISIP Unas Ajak Mahasiswa Rawat dan Perkuat Nilai-nilai Kebangsaan

Rabu, 14 Desember 2022 22:28 WIB
Sosialisasi Pancasila Empat Pilar dan Dialog Kebangsaan, di Auditorium Cyber Universitas Nasional, Jakarta, Rabu (14/12). (Foto: Dok. Unas)
Sosialisasi Pancasila Empat Pilar dan Dialog Kebangsaan, di Auditorium Cyber Universitas Nasional, Jakarta, Rabu (14/12). (Foto: Dok. Unas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional (Unas) bersama Yayasan Generasi Lintas Budaya menggelar diskusi terkait Sosialisasi Pancasila Empat Pilar dan Dialog Kebangsaan, di Auditorium Cyber, Universitas Nasional, Jakarta, Rabu (14/12).

Dekan FISIP Unas Erna Ermawati Chotim mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu dari serangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada akhir 2022. "Kami menerima kerja sama ini karena kami menimbang yang dibahas merupakan topik penting dan strategis dan juga concern kami untuk selalu menjadi bagian dalam merawat dan memperkuat Pancasila dan nilai-nilai kebangsaan," ucapnya.

Baca juga : Jelang Nataru, Ganjar Ajak Masyarakat Tunjukkan Toleransi Beragama

Menurutnya, dalam konteks masyarakat yang plural, Indonesia senantiasa memerlukan nilai-nilai pengikat dan perekat yang kokoh. Pengikat tersebut telah disepakati berupa empat konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Konsensus ini merupakan bagian dari sejarah Bangsa Indonesia yang begitu panjang. Sejarah telah mencatat bahwa konsensus tersebut telah berhasil menjadi penguat dan solusi bagi berbagai persoalan kebangsaan yang dihadapi Indonesia. Karenanya, menjadi penting untuk terus memelihara dan memperkuat Pancasila dan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan berbangsa saat ini dan ke depan," tuturnya.

Baca juga : Ganjar Apresiasi Raja & Sultan Se-Nusantara Deklarasikan Komitmen Kebangsaan

Para tokoh dan pembicara yang hadir dalam menjelaskan kebhinnekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan prinsip yang wajib dikelola menjadi faktor penguat tata nilai dan tata kehidupan untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dalam konteks tersebut, keberadaan aktor dan basis struktur menjadi penting untuk memastikan bahwa nilai-nilai tersebut terus ada dan menguat membawa pada cita-cita Bersama.

Untuk itu, lanjut Erna, keberadaan mahasiswa, lembaga negara, institusi pendidikan, civil society, dan institusi sosial strategis lainnya menjadi bagian aktor strategis yang harus menjadi bagian yang terus merawat basis strutkural kebhinekaan Indonesia dan nilai-nilai kebangsaan sehingga menghasilkan dualitas agen dan struktur strategis yaitu kesejahteraan bagi seluruh masayrakat Indonesia.

Baca juga : Midea Donasikan Ratusan Perangkat Elektronik Bagi Korban Gempa Cianjur

Kegiatan Sosialisasi Pancasila Empat Pilar Kebangsaan ini dihadiri aktivis kebangsaan Shanna Shannon Siswanto dan amanat Ketua MPR, dilanjutkan Kepala BPIP, lalu dialog kebangsaan bersama Toto Purbianto, budayawan Romo Ndaru Kusumo, M Alfan Alfian, serta bersama unsur organisasi mahasiswa Unas dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi indonesia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.