Dark/Light Mode

KKN Kelompok 41 UMBY Sosialisasikan Manfaat Tanaman Pagar & Pekarangan sebagai Media Pangan & Obat-Obatan

Minggu, 12 Februari 2023 09:02 WIB
Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 41 (Foto: @gluemannnn)
Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 41 (Foto: @gluemannnn)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 41 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan sosialisasi budidaya bunga telang kepada masyarakat di Dusun Jragum, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Para mahasiswa melakukan edukasi kepada masyarakat tentang tanaman yang berfungsi sebagai obat herbal ini agar bisa dibudidayakan untuk mendapatkan manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan, meningkatkan produktivitas perekonomian, dan menjadikannya sebagai tanaman khas Dusun Jragum.

Sosialisasi dan edukasi yang dilakukan di Limasan Dusun Jragum KKN 41 UMBY diadakan pada Sabtu (28/1). Sosialisasi dan edukasi ini dihadiri ibu-ibu warga Jragum.

Tujuan memilih mensosialisasikan tanaman kesehatan ini kepada masyarakat Dusun Jragum agar bisa menambah pembudidaya tanaman kesehatan yang ada di Semanu. Karena baru sedikit masyarakat yang mengetahui dan membudidayakan bunga telang, padahal manfaatnya sangat banyak.

Baca juga : PDI Perjuangan Tangsel Siap Menangkan Pemilu

Bunga telang tanaman kesehatan adalah tanaman merambat yang merupakan tanaman asli Asia tropis. Tanaman ini memiliki daun dan batang yang berukuran kecil. Bunganya berwarna biru gelap memiliki panjang antara 4-5 cm. Manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan, di antaranya adalah untuk menjaga kesehatan, mencegah penuaan dini, mengobati gangguan penglihatan, dan masih banyak lagi.

Kegiatan sosialisasi budidaya bunga telang tanaman kesehatan merupakan salah satu program utama mahasiswa KKN UMBY Kelompok 41 dengan tujuan untuk memberikan wawasan mengenai cara budidaya bunga telang tanaman kesehatan. Tidak hanya itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga Jragum dengan menjadikan bunga telang tanaman kesehatan sebagai buah tangan khas dusun ini. Hal ini dikarenakan belum adanya buah tangan yang menjadi ciri khas dari Dusun Jragum.

Pada kesempatan itu, kami mengedukasi pemanfaatan tanaman pagar sebagai obat herbal serta sumber gizi. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat di Dusun Jragum yang masih belum mengetahui banyak sekali tanaman herbal serta tumbuhan yang mengandung gizi tinggi yang ada di sekitar tempat tinggal warga.

Baca juga : Kapan Nih, Mafia Pangan Diberesin?

Dengan sosialisasi ini, diharapkan bunga telang tanaman kesehatan dapat menjadi produk khas Dusun Jragum dan bisa meningkatkan produktivitas perekonomian warga. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan bunga telang tanaman kesehatan ini bisa menjadi produk olahan khas Dusun Jragum.

Lukman, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 41 UMBY menerangkan, bunga telang tanaman kesehatan merupakan bunga tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk tanaman obat. Selain itu, bunga Telang tanaman kesehatan juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan yang alami.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, kami berharap warga dapat membuat kreasi warna untuk makanan menggunakan pewarna alami dari bunga Telang tanaman kesehatan. Kami juga berharap, untuk langkah selanjutnya kami bisa mengajarkan warga untuk membuat kreasi makanan yang juga menggunakan bahan utama bunga telang tanaman kesehatan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.