Dark/Light Mode

Dukung Gerakan Literasi, LG Distribusikan Paket Buku Ke 330 PAUD

Senin, 24 Juli 2023 20:55 WIB
Penandatanganan Mou antara LG dengan Kemendikbudristek mengenai pendistribusian buku paket untuk 330 PAUD. (Foto: Dok. LG)
Penandatanganan Mou antara LG dengan Kemendikbudristek mengenai pendistribusian buku paket untuk 330 PAUD. (Foto: Dok. LG)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT LG Electronics Indonesia mendukung kampanye Pemerintah untuk meningkatkan literasi masyarakat. Melalui salah satu pilar tanggung jawab sosial perusahaannya, LG Loves Children, perusahaan elektronik ini berkomitmen mendistribusikan paket buku bacaan bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di Indonesia.

“Selain bertumbuhnya wawasan, lewat kemampuan literasi yang baik, anak belajar nilai-nilai hidup yang akan berguna pada pembangunan masyarakat Indonesia di masa mendatang,” ujar President of LG Electronics Indonesia Lee Taejin, di Ruang Rapat Perpustakaan, Gedung A Kemendikbudristek, Senin (24/7).

Komitmen LG ini tertuang dalam nota kesepahaman antara LG dengan Kemendikbudristek. Salah satu butir utama kesepahaman ini, melalui program LG Loves Children, perusahaan bakal mendukung pendistribusian paket buku bacaan anak ke 330 PAUD yang tersebar di Indonesia. Angka 330 ini, kata Lee Taejin, terkait dengan usia keberadaan LG di Indonesia yang telah mencapai 33 tahun.

Baca juga : Barikade 98 Dukung Kebijakan Hilirisasi Presiden Jokowi

Menurutnya, LG Loves Children merupakan salah satu pilar tanggung jawab sosial perusahaan LG di Indonesia. LG Loves Children berada di bawah, yang memang dirancang untuk menitikberatkan perhatian pada perkembangan anak-anak Indonesia. Dalam perwujudan kepedulian sosialnya di Indonesia, LG memiliki kampanye besar LG Loves Indonesia.

Selain LG Loves Children, kampanye ini memiliki tiga pilar lainnya. Ketiganya yaitu LG Loves Green yang berfokus pada dukungan bagi penciptaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, LG Loves School yang memusatkan aktivitasnya mendukung pendidikan, serta LG Loves and Care yang pusat aktivitasnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.  

Terkait dengan nota kesepahaman tersebut, setiap PAUD nantinya akan mendapatkan masing-masing empat paket buku. Setiap paketnya berisi tiga buku bacaan bagi anak usia dini. Tak hanya pada pendistribusian, LG juga terlibat dalam pengembangan dan penyusunan dua buku bacaan yang bakal dibagikan ini. Keduanya yang berjudul “Tanaman Tomat Lilo dan Gina” serta “Ayo, Mengenal Bentuk!” merupakan hasil kolaborasi LG dan Kemendikbudristek yang pengembangan isinya menyesuaikan dengan kebutuhan anak pada tingkat pendidikan usia dini.

Baca juga : Gandeng Kalog, Distribusi Perikanan Lewat Kereta Meningkat Tajam

Dirjen Paud, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril mengatakan, dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) unggul, salah satunya dari literasi. Untuk meningkatkan literasi, diperlukan kolabobarsi berbagai pihak.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kolaborasi LG bersama Kemendikbudristek dalam meningkatkan SDM Indonesia. Kolaborasi ini tidak hanya berhenti di sini, namun perlu dilanjutkan ke jenjang lebih tinggi dan luas serta mengajak perusahaan lainnya berperan dalam meningkatkan literasi dan SDM Indonesia sejak usia dini," ungkapnya.

Bersanding dengan pendistribusian buku bacaan ini, LG dan Kemendikbudristek juga menjalin komitmen bagi pendistribusian buku bagi guru pada tingkat SD. Buku yang didistribusikan merupakan bahan acuan dalam proses kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Baca juga : Dukung Dekarbonisasi, Chandra Asri Sabet Padmamitra Award

“Kami berharap, seluruh dukungan bagi anak usia dini dan SD ini dapat menjadi modal bagi semakin bertumbuhnya kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik di masa mendatang,” ujar Lee Taejin.

Hal ini, menurutnya, sejalan dengan salah satu visi besar LG dalam operasionalnya di berbagai negara yaitu Better Live for All. “Menciptakan kehidupan lebih baik di masa mendatang, melalui kolaborasi dengan pemerintah Indonesia untuk pengembangan generasi mudanya,” pungkas Lee Taejin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.