Dark/Light Mode

Tingkatkan Literasi, Pemkab Sorong Dukung Visi Pemerintah Ciptakan SDM Unggul

Senin, 8 Mei 2023 14:31 WIB
Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Sorong. (Foto: Dok. Perpusnas)
Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Sorong. (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (PJ) Bupati Sorong Yan Piet Mosso mengukuhkan Anace Mosso sebagai Bunda Literasi Kabupaten Sorong periode 2023-2024, di Sorong, Senin (8/5). Pada kesempatan yang sama, turut dikukuhkan 32 Bunda Literasi dari seluruh distrik di Kabupaten Sorong. Pengukuhan Bunda Literasi ini menjadi bagian dari rangkaian Festival Literasi di Kabupaten Sorong.

Yan Piet memastikan terus mendukung visi Pemerintah terkait peningkatan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk Indonesia maju, dengan literasi menjadi faktor yang esensial. "Kita siapkan strategi membumikan literasi dengan membangun Rumah Literasi yang berada di pusat publik. Ini akan menjadi program prioritas Pemkab Sorong," ucapnya, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (8/5).

Yan Piet mengaku bangga dengan program Taman Baca Gesit Asik Inovasi (Tabagasi) milik Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Sorong yang telah mendapatkan penghargaan inovasi dari Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga : GGN Dukung Ganjar Adakan Pelatihan Hadrah Di Sidoarjo

Pada kesempatan sebagai pembicara kunci, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando menyatakan, satu buku yang dibaca sanggup menumbuhkan jutaan pengetahuan baru. "Membaca akan mendorong masyarakat menjadi bangsa yang cerdas,sejahtera dan tidak mudah dipecah belah," ujarnya.

Apalagi saat ini begitu banyak informasi yang beredar dan disebar para buzzer, namun kedalaman pengetahuan (literasi) membantu masyarakat tercerahkan dan tidak tersesat.

Pada kesempatan Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), Pustakawan Utama Perpusnas Sri Sumekar mengatakan, saat ini Perpusnas terus berupaya meningkatkan angka literasi masyarakat termasuk dengan menggandeng pegiat literasi, seperti Bunda Literasi, Duta Baca Daerah, hingga komunitas pustaka bergerak.

Baca juga : Tingkatkan Perekonomian, Publik Dukung Airlangga Nyapres

"Di samping itu, Perpusnas juga memiliki program bantuan berupa motor perpustakaan lengkap dengan koleksi bahan bacaan maupun bantuan buku untuk komunitas literasi yang bisa dimaksimalkan untuk peningkatan kegemaran membaca masyarakat," ujarnya.

Bunda Literasi Kabupaten Sorong Anace Mosso memaparkan sejumlah program kerja, seperti menggerakkan pojok baca di sekitar distrik, melakukan kampanye literasi berupa membaca nyaring, dan mendongeng bagi anak usia dini. "Manfaat baca nyaring selain memberi pengetahuan baru juga melatih kosakata," imbuh Anace.

Di sela-sela rangkaian festival literasi, Kepala Perpusnas menyerahkan bantuan satu unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) kepada Pemkab Sorong, penandatanganan prasasti Gedung Perpustakaan Umum Daerah yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dan penyerahan dua buku karangan Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso yang berjudul "Anu Beta Tubat∶ Gotong Royong Sejati Orang Maybrat, Spirit Membentuk Manusia Unggul", dan "Rahasia di Balik Maklumat dan Nubuatan Profentik Bagi Orang Teofani Suku A3.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.