Dark/Light Mode

Ordik 2023, Universitas Budi Luhur Bekali Mahasiswa Baru Bela Negara di Atas KRI AL

Senin, 18 September 2023 18:46 WIB
Pembukaan Orientasi Pendidikan Mahasiswa Baru Universitas Budi Luhur, di Jakarta, Senin (18/9). (Foto: Dok. UBL)
Pembukaan Orientasi Pendidikan Mahasiswa Baru Universitas Budi Luhur, di Jakarta, Senin (18/9). (Foto: Dok. UBL)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Budi Luhur menggelar Orientasi Pendidikan (Ordik) Mahasiswa Baru tahun ajaran 2023/2024 selama tiga hari (18-21 September 2023). Para mahasiswa baru ini akan dibekali materi bela negara dan naik KRI TNI AL.

Pembukaan Ordik ditandai dengan sirine dan pelepasan puluhan burung, di Universitas Budi Luhur, Jakarta, Senin (18/9). Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino mengatakan, pada masa Ordik 2023, setiap mahasiswa baru tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang lingkungan kampus dan dunia perkuliahan. Mereka juga mendapatkan materi bahaya narkoba, bullying, antikorupsi, tentang ke-Pancasilaan, serta program bela Negara di dua KRI milik TNI AL ini akan berlangsung Rabu (20/9).

“Ini program yang telah dicanangkan Pemerintah, dan kali ini kami bekerja sama dengan TNI AL. Pembekalan bela Negara dilakukan di dua KRI yang akan berlayar melintasi Teluk Jakarta. Ini akan memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa,” ujar Wendi, sesaat setelah membuka Ordik 2023.

Baca juga : Jokowi Lobi 3 Kepala Negara Anggota OECD

Sebanyak 1.004 mahasiswa Universitas Budi Luhur akan mengikuti program bela negara di atas KRI TNI AL. Kegiatan ini bekerja sama dengan Markas Komando Kolinlamil Pelabuhan Raya Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Acara ini mengangkat tema “Makmurkan Bumi Sejahterakan Umat Bersama Generasi Cerdas Berbudi Luhur”.

"Diharapkan ribuan mahasiswa yang mengikuti Ordik ke depannya menjadi mahasiswa cerdas yang peduli lingkungan dan bermanfaat bagi umat," ucap Wendi Usino.

Baca juga : President University Terima 2.100 Mahasiswa Baru Tahun Ini, Naik 30 Persen

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro berharap, pemberian sejumlah materi selama tiga hari dalam Ordik 2023 ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa dalam menjalankan studi.

“Di dalam kampus ada Pos Sapa yang digunakan untuk perlindungan bagi anak dan perempuan. Untuk materi antikorupsi ini juga cukup penting dan menjadi tantangan besar bagi kita semua untuk terus memberikan pemahaman kepada mahasiswa. Sementara untuk bahaya narkoba dan antisipasi pelecehan seksual juga diberikan sebagai pembekalan,” ucapnya.

Ketua Panitia Ordik Mahasiswa Baru 2023, Purwanto memastikan, tidak akan ada perploncoan dalam kegiatan ini. Sebab, pihaknya telah menyiapkan satgas di sejumlah titik, untuk meminimalisir dan memastikan hal itu tidak terjadi.

Baca juga : Kapolri 2023, Tim Voli Putra Kalbar Bekuk Bali Di 8 Besar

“Di setiap sudut sudah kami koordinasikan. Ada satpam, pengamanan kampus, petugas kelas yang standby dan relawan Budi Luhur. Untuk kegiatan Ordik ini akan ditutup dengan inagurasi di Dunia Fantasi Ancol pada Kamis, 21 September 2023,” tambahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.