Dark/Light Mode

Universitas Dian Nusantara Bekali Mahasiswanya Softskill Table Manner

Minggu, 2 Juli 2023 12:25 WIB
Kegiata  Table Manner Universitas Dian Nusantara, di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Sabtu (1/7). (Foto: Undira)
Kegiata Table Manner Universitas Dian Nusantara, di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Sabtu (1/7). (Foto: Undira)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara (Undira) Angkatan III kembali mengadakan kegiatan Table Manner, di Hotel Santika Premiere, Jakarta, Sabtu (1/7). Kegiatan ini bagian dari mata kuliah Professional Image pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Table Manner ini adalah acara rutin Kampus Undira sebagai nilai praktik mahasiswa.

Acara ini mengambil tema “Menjunjung Tinggi Kearifan Lokal” dengan headline BATIC “The BeAuTy of Inspiring Communication”. Acara dihadiri 86 peserta yang tidak hanya berasal dari mahasiswa Undira tapi juga dihadiri para pimpinan kampus, di antaranya Rektor Universitas Dian Nusantara Prof Suharyadi, Dekan Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, dan Kaprodi Ilmu Komunikasi.

Di acara ini tidak hanya dipratikkan mengenai Table Manner, namun ada beberapa agenda lainnya. Di antaranya pelatihan Grooming oleh Harry Jundrio, Beauty Class yang dipandu oleh Christina Yenlie, serta terdapat penampilan tarian Nusantara oleh Sanggar Kurnia Budaya. Kemudian ada penampilan KKM Music Undira.

Baca juga : Kalbis Institute Dan MARI Institute Dorong Mahasiswa Terapkan Skill Public Speaking

Acara dibuka Rektor Universitas Dian Nusantara Prof Surharyadi. Dosen Pengampu Mata Kuliah Profesional Image 

 Kornelia Johana Dacosta memberikan apresiasi kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan III karena telah menyelenggarakan acara Table Manner ini.

"Ini adalah ketiga kalinya Undira mengadakan acara Table Manner. Kami bangga dengan pencapaian mahasiswa, karena ini juga merupakan implementasi dari mata kuliah seperti Public Speaking, Pengantar PR, Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Antarbudaya, Media Relation, dan mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan profesional," terangnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Minggu (2/7).

Baca juga : Hadi Tjahjanto Serukan Mahasiswa Songsong Indonesia Emas 2045

Intinya, lanjut dia, kegiatan ini merupakan impelementasi mata kuliah-mata kuliah yang sudah dijalankan.

"Table Manner ini diadakan untuk mengajarkan para mahasiswa manner yang baik di meja makan. Walaupun manner itu tidak hanya di meja makan, tetapi harus melekat pada diri masing-masing sehingga memberi pemahaman implementasinya. Seperti pada saat bertemu client dari luar negeri maupun cara berdiskusi atau bernegosiasi di meja makan," kata Bu Jo, panggilan akrab Johana Dacosta.

Ketua Panitia acara Theresia Agnes menambahkan, acara Table Manner, Grooming and Beauty Class ini memiliki manfaat yang berdampak positif bagi mahasiswa. Tujuan Table Manner ini salah satunya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan etika dan tata krama dalam makan di meja dan juga memberikan pengetahuan tentang tata cara berpakaian yang sesuai dalam situasi formal.

Baca juga : Ini Pesan Waka BPIP Kepada 2.851 Mahasiswa KKN Unnes

"Manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa dengan acara ini adalah untuk mempersiapkan mereka menghadapi situasi formal seperti wawancara kerja, pertemuan bisnis, atau acara resmi lainnya. Juga meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berinteraksi dengan baik dalam situasi sosial dan professional tentunya,” tuturnya.

Dia berharap, Table Manner, Grooming, and Beauty Class ini dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan sikap profesional, meningkatkan keterampilan interpersonal, dan memberikan bekal untuk sukses dalam situasi formal. "Selain itu, diharapkan juga bahwa acara ini akan menjadi langkah awal untuk mengedukasi dan mempersiapkan mahasiswa dalam aspek etika dan tata krama yang penting dalam kehidupan pribadi dan karier mereka," pungkas Theresia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.