Dark/Light Mode

Indonesia Mau Jadi Negara Maju

Jokowi Lobi 3 Kepala Negara Anggota OECD

Selasa, 12 September 2023 06:45 WIB
Presiden Jokowi bertemu PM Belanda Mark Rutte di sela KTT G20 India. (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi bertemu PM Belanda Mark Rutte di sela KTT G20 India. (Foto: Biro Pers Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus mencari dukungan supaya Indonesia menjadi anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organization for Economic Co-operation and Development/OECD). Kali ini, Presiden Jokowi langsung meminta tiga pimpinan negara di benua Eropa mendukung Indonesia sebagai anggota baru OECD.

Proses lobi ini dilakukan Jokowi pada pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara di sela Konferensi Tingkat Ting­gi (KTT) G20 di India.

Baca juga : Indonesia Juara Di OGP Award, KSP: Bukti Negara Hadir Di Semua Lapisan

Pertama, Jokowi menggalang dukungan dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte. Dalam pertemuan tersebut, eks Wali Kota Solo itu meminta dukungan pada proses pendaftaran Indonesia sebagai anggota OECD.

Di depan Rutte, Jokowi juga memaparkan saat ini Indonesia telah melakukan sejumlah re­formasi ekonomi yang sejalan dengan persyaratan OECD.

Baca juga : Maung Bandung Tanpa Robi Dan Kakang Hingga Oktober

“Indonesia telah mengajukan aplikasi keanggotaan OECD dan telah melakukan berbagai reformasi ekonomi sejalan dengan persyaratan OECD,” kata Jokowi dalam keterangannya, kemarin.

Kedua, Jokowi juga meminta dukungan kepada Prancis da­lam rangka proses keanggotaan Indonesia menjadi bagian dari OECD. Hal ini diungkapkan dalam pertemuan Jokowi dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Baca juga : Jokowi Minta Sistem Keuangan Yang Adil

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan, menjadi anggota OECD merupakan lang­kah Indonesia untuk menjadi negara maju.

Selain itu, Jokowi juga me­minta kepada Macron berbagi pengalaman mengenai cara kerja hingga optimalisasi manfaat sebagai anggota OECD.“Mohon dukungan Prancis terhadap keanggotaan Indonesia, termasuk berbagi pengalaman terkait cara kerja dan optimalisasi manfaat keanggotaan di OECD,” kata Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.